22
Mei
09

MEMBUAT TANTANGAN MENJADI BERARTI


Kepemimpinan dan tantangan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Kepemimpinan dan prinsip secara tidak terelakkan saling berhubungan. Implikasinya sangat jelas. Para pemimpin yang dikagumi adalah mereka yang memiliki keberanian akan keyakinan mereka, dalam arti kata pemimpin yang berani menerima tantangan.. Pemimpin yang sesungguhnya mengetuk hati dan pikiran orang, tidak hanya tangan dan kantung mereka. Jika kerja mulai dilihat hanya sebagai sebuah sumber kelengkapan hidup, maka organisasi akan sama sekali mengacuhkan kebutuhan manusia lainnya dalam dunia kerja yaitu kebutuhan manusia lainnya dalam dunia kerja, yaitu kebutuhan yang tidak berwujud, seperti pembelajaran, harga diri, kebanggaan, kompetensi, kesenangan orang terhadap tugas mereka sebagai hal yang benar-benar tidak relevan, dan mereka akan menstrukturisasi kerja dengan cara yang amat praktis. Tanpa menggunkan hati nurani, organisasi akan kehilangan hasil yang berharga dari investasinya terhadap orang-orang tersebut.

Seorang pemimpin harus menjadi innovator untuk dapat mengarahkan organisasi mereka menuju dan melalui ekonomi baru. Sebuah organisasi akan mengalami perbaikan secara substantive. Ada perbedaan significant yang dapat dilihat, dirasakan dan diukur. Tidak hanya sekedar sebuah system baru tersebut juga digunakan dan membuat perubahan yang positif bagi setiap orang. Para pemimpin harus menghancurkan rutinitas karena hal tersebut membuat kita berkarat, menumpulkan kepekaan, membekukan kreatifitas, membatasi pemikiran, menghindarkan dari stimulasi dan menghancurkan kemampuan untuk berkompetensi. Perubahan dinamis dapat meningkatkan tekanan dalam system. Kita harus menyeimbangkan dengan disiplin tinggi, keduanya penting jika ingin bereksperimen dan mengambil resiko. Hanya mereka yang dapat menguasai cara untuk melakukan berbagai hal yang cukup bebas untuk melakukan improvisasi.
Sama hal nya dengan inovasi, diharuskan mendeteksi realitas external, inovasi menuntut adanya penggunaan outsight, apakah itu diarahkan untuk penetapan harga pasar atau keragaman dalam tenaga kerja. Hilangkan selimut proteksi yang sering digunakan oleh organisasi untuk melindungi diri. Bersedialah mendengar, mempertimbangkan dan menerima ide-ide dari luar . Sikap yang dicirikan oleh wujud dari menantang proses, oleh keinginan untuk mengubah lingkungan bisnis yang berjalan biasa. Situasi perusahaan berkontribuasi pada munculnya pemahaman mengenai arti penting pencapaian pribadi dan harga diri. Hal-hal tersebut melahirkan kepemimpinan dan kinerja tinggi.
Perjalanan menuju perubahan adalah sebuah petualangan. Perjalanan ini menguji keahlian dan kemampuan kita. Membangkitkan bakat yang selama ini tertidur dan merupakan tempat latihan bagi kepemimpinan. Tantangan akan perubahan sulit dihadapi, namun tantangan tersebut juga organisasi menstimulasi untuk mengeluarkan yang terbaik dari diri mereka dan orang lain, pemimpin harus merasa bahwa tugas mereka akan membangkitkan motivasi secara instrisik. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diambil dalam mencari pelkuanguntuk menantang situasi yang sedang berlangsung dan bergerak pada jalur yang tepat untuk melakukan hal-hal yang luar biasa:

1. Perlakukan setiap pekerjaan adalah sebuah petualangan
2 Cari tantangan yang berarti bagi diri sendiri
3. Tentukan dan ciptakan tantangan yang berarti bagi orang lain
4. Tambahkan kesenangan pada pekerjaan setiap orang
5. Pertanyakan situasi yang sedang berlangsung
6. Ciptakan pendekatan “ Open-Source “ untuk mencari berbagai kemungkinan peluang.

Kunci sukses pemimpin adalah membawa orang melampaui batasan-batasan yang biasanya mereka tetapkan untuk diri mereka sendiri. Mereka menantang orang yang terkadang melampaui batas, dan berikut ini yang layak dimiliki oleh pemimpin untuk menjadi contoh yaitu :
– Memulai langkah demi langkah
– Belajar dari kesalahan
– Menguatkan daya tahan psikologis.

Para pemimpin menerapkan esensi tersebut untuk bereksperimen dan mengambil resiko, untuk mengubah tantangan, ketidak pastian, kekacauan, perubahan dan keajaibab menjadi hasil positif. Prose perubahan yang paling efektif adalah yang dilakukan selangkah-s elangkah, yang memecahkan masalah-masalah besar menjadi bagian-bagian yang kecil, langkah-langkah yang mampu dilakukan dan membuat seseorang mengatakan ya.. berkali-kali, tidak hanya sekali. Pemimpin yang sukses membantu orang lain melihat bagaimana kemajuan dapat dicapai dengan memecah perjalanan menjadi jarak dan tujuan yang dapat diukur. Proses keberhasilan kecil memungkinkan pemimpin membangun komitmen para pengikut terhadap serangkaian tindakkan keberhasilan-keberhasilan kecil membentuk dasar pada pola yang konsisten untuk menang, sehingga menarik orang-orang yang ingin bergabung untuk menuju kesuksesan bersama. Ketka para pemimpin secara sadar merancang sebuah strategi untuk keberhasilan kecil, mereka secara aktif membuat orang merasa seperti pemenang dan hal tersebut mempermudah orang untuk bersedia menurut permintaan mereka.


16 Responses to “MEMBUAT TANTANGAN MENJADI BERARTI”


  1. Mei 22, 2009 pukul 11:49 am

    Salam kenal Bu Agnes, tulisannya menggerakkan hati saya untuk memberikan komentar, begini Ibu sekarang ini banyak pemimpin yang melulu membuat rutinitas yang membosankan, akibatnya pemimpin tersebut kurang gaul dengan dunia luar kayaknya hal demikian sudah berkarat, dia tidak peka lagi pada sekitarnya, kreativitasnya beku, dan selalu negative thingking terhadap anak buah yang lebih menonjol ( ppintar dari dirinya, sehingga sering mencari-cari kesalahan , setiap datang orang mau konsultasi selalu berpikiran negatif jangan-jangan minta sumbangan, bagaimana organisasinya bisa maju, Saya setuju dengan yang Ibu tayangkan semoga para pemimpin kita sadar bahwa pemimpin itu bukan hanya cari untung tapi beramal. demi kemajuan orang lain dan organisasinya.

  2. Mei 22, 2009 pukul 12:42 pm

    Pemimpin yang ideal memang harus berinovasi dan mencipta, sehingga dapat mengarahkan organisasi yang di pimpinnya menunuju dan melalui ekonomi baru, bukan hanya ikut-ikutan dan nambahin hutang melainkan perubahannya membuat kemajuan, perubahan yang positif bagi setiap orang. Salut postingannya bagus.

  3. Mei 22, 2009 pukul 8:35 pm

    Pemimpin yang ideal harus membuka dirinya dan biarkan ide-ide mengalir dari luar, sehingga pemimpin itu tidak ketinggalan jaman.

  4. Mei 23, 2009 pukul 8:52 am

    Pemimpin yang baik harus lebih banyak mengambil inisiatif untuk menciptakan dari yang tidak ada menjadi ada dan membuat sesuatu terjadi dengan sukses.

  5. Mei 23, 2009 pukul 9:35 am

    Mengambil inisiatif sama sekali tidak tergantung dari posisi/jabatan, hal tsb berkenaan dengan sikap dan tindakkan , aku suka kata-kata itu, mari kita ambil inisiatif dalam hidup ini. Terima kasih

  6. Mei 23, 2009 pukul 11:41 am

    Komunikasi secara eksternal dan Internal sangat diperlukan oleh pemimpin suatu organisasi jangan sampai menjauhkan diri dari sumber informasi yang penting, tidak hanya sibuk memikirkan dirinya sendiri tapi kepentingan rakyatlah yang di utamakan.

  7. 7 guskar
    Mei 23, 2009 pukul 10:09 pm

    setiap perubahan yg terjadi adalah sebuah tantangan, sekecil apapun perubahan itu. hidup tidak akan menjadi membosankan, ketika tantangan itu merangsang ide2 kreatif untuk melangkah menuju kesuksesan bersama.

  8. Mei 24, 2009 pukul 8:03 pm

    Selamat malam para blogger, maaf baru balas para komentarnya berkenaan dengan rangkaian kegiatan HUT Kalteng tgl 23 Mei ini, terima kasih untuk atensinya kepada : Arief,Nina,Agus,Riduan,Aswin,Berson dan Guskar, Terima kasih responnya, dan untuk balasan yang terakhir, sangat-sangat setuju pendapatnya, dalam tantangan jika disikapi secara bijaksana dan positif akan menimbulkan daya dengan kekuatan yang luar biasa. Sekali lagi terima kasih komentnya teman-teman.

    Regards, agnes sekar

  9. Mei 24, 2009 pukul 10:44 pm

    Pernah dengar belum, apakah memimpin itu juga merupakan sebuah seni?

  10. Mei 25, 2009 pukul 7:47 am

    Selamat pagi Musa, memang saya pernah dengar bahwa memimpin itu juga sebuah seni, karena setiap orang memiliki gaya kepemimpinan yang berlainan yang masing-masing mempunyai kekuatan dan kelemahannya, dan tidak semua pemimpin menerapkan gaya kepemimpinan yang sama hanya saja ada dasar-dasar kepemimpinan yang harus dipunyai oleh pemimpin, demikian Musa, terima kasih komentnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  11. Mei 25, 2009 pukul 11:15 pm

    Jiwa kepemimpinan itu semacam talenta, ianya adalah anugerah yang perlu dikembangkan dan dimani sebagai tugas…

  12. Mei 26, 2009 pukul 12:23 pm

    Numpang nampang tantangannya mbak http://wandisukoharjo.wordpress.com/2009/05/26/apa-kamu-bisa/

  13. Mei 26, 2009 pukul 9:29 pm

    Selamat malam Wandi mau nampang Monggo, dengan senang hati

  14. Mei 27, 2009 pukul 4:05 am

    Salam kenal Bu Sekar, seorang pemimpin tidak seru jika tidak ada tantangan, tetapi banyak pemimpin yang menghindar dari tantangan tidak mau menghadapinya bahkan lari dari kenyataan, sehingga pemimpin itu belum memenuhi syarat/belum lulus jadi pemimpin, karena hal yang harus dilalui tidak pernah ia lalui, begitu Bu, Terima kasih sudah mampir ke Blog saya saya berharap Ibu sering berkunjung ke Blog saya pada lain waktu.

  15. Mei 27, 2009 pukul 8:21 am

    Kunci sukses seorang pemimpin adalah membawa anak buahnya kearah kemajuan, bukan menjatuhkan/menghambat anak buahnya. Membawa yang di pimpinya melampaui batasan-batasan yang biasa dilakukan, sehingga hasilnya lebih cemerlang. Tapi mengapa pemimpin sekarang tidak berkelakuan demikian, bahkan pemimpin sekarang membawa anak buahnya ke jurang kehancuran/mengajarkan korupsi berjamaah.

  16. 16 lindanisida
    Juni 4, 2009 pukul 8:28 pm

    selamat malam bu Agnes…apa kabar lama ngak berkunjung ke gubuk lah……kangen kapan makan ketupat kandangan…… besok yu ?

    Wah kebetulan yang diatas namanya sama…..

    Sangat bagus menjadi pemmpin yang memproses diri terus, ,,,, SElamat memilih Ratu Narkoba,semoga sukses


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


MY THOUGHT ABOUT THIS WORLD

Penulis

In here, I write my thought about this world, from any idea that speak about my job to my activities with my families and friends, which I like to share for you.
OK, Thanks for your attention and I hope it will be useful for us, especially for you.
GBU

Statistik Blog

  • 469,689 hits
Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

RSS Tentang Perempuan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Sekilas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: