23
Jan
13

KOMUNIKASI YANG EFEKTIF


Anak sulungku Evan Widen pada acara wisuda Pasca Sarjana Fikom Unpad Bandung 2012.

Anak sulungku Evan Widen pada acara wisuda Pasca Sarjana Fikom Unpad Bandung 2012.

Setiap hari kita selalu berkomunikasi baik dirumah maupun di tempat kerja. Komunikasi atau pembicaraan merupakan suatu kebutuhan manusia yang lazim untuk dilakukan. Karenanya sangat penting untuk diketahui lebih mendalam, agar tercapai komunikasi yang sukses, efektif dan tepat pada sasaran hingga mampu mengantarkan segala keperluan. Seorang komunikator yang baik,pembicaraannya selalu berusaha untuk meberikan pelayanan, penjelasan  yang memuaskan. Pada intinya adalah seorang professional harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang menyenangkan, hingga komunikasi yang terjadi bisa menimbulkan rasa simpati, membuat tenang, menghibur serta menjadikan perasaan tentram, tidak pilih kasih kepada siapa yang dihadapinya ( pendengar ).

Komunikasi yang baik, tutur kata yang lembut, dan sopan merupakan kunci akhir dari segala persoalan dan menghindari dari segala kesalah pahaman.

Salah satu pembicaraan yang dapat memikat pada komunikan adalah pembicaraan yang memunculkan banyak inovasi, karena gagasan gagasan baru yang lebih bisa menarik simpati, hingga tak sadarkan diri bahwa ia setia mendengarkan apa yang komunikator sampaikan. Dengan demikian dapat membuat terobosan baru yang mengesankan dan akan makin memikat banyak peminat. Oleh karena itu kembangkan metode-metode penyampaian yang semakin canggih, efisien dan gaya bicara yang berfariatif untuk memperoleh pemikiran yang inovatif tsb. Salah satu inovatifnya adalah dengan ciptakan forum tukar pendapat guna menampung pendapat dari semua lapisan serta bagian-bagian lain atas dasar pengalamannya masing masing.

Tampakkan rasa percaya diri dan keyakinan yang Kuat : salah satu kunci sukses untuk berkomunikasi adalah menguasai materi yang akan disampaikan pada komunikan, dengan demikian keyakinan akan tumbuh kuat pada dirinya.

Prinsip komunikasi yang efektif adalah cara bagaimana meraih perhatian, kepedulian, minat, simpati, tanggagapan atau respon positif dari orang lain ( pendengar ). Dengan kekuatan keyakinan akan timbul simpati, dengan demikian mereka dapat menikuti pembicaraan sampai akhir krn merasa yakin dengan apa yang diucapkannya. Selanjutnya tentukan apa yang menjadi harapan untuk semua pihak baik pembicara maupun yang mendengarkan..

Komunikasi yang efektif adalah komunikator dapat menyampaikan dengan jelas, lugas dengan berbagai teknik dan taktik berbicara, hingga dapat dimengerti oleh komunikan.

Anak sulungku Evan Widen pada acara wisuda Pasca Sarjana Fikom Unpad Bandung 2012.

Anak sulungku Evan Widen pada acara wisuda Pasca Sarjana Fikom Unpad Bandung 2012.


0 Responses to “KOMUNIKASI YANG EFEKTIF”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


MY THOUGHT ABOUT THIS WORLD

Penulis

In here, I write my thought about this world, from any idea that speak about my job to my activities with my families and friends, which I like to share for you.
OK, Thanks for your attention and I hope it will be useful for us, especially for you.
GBU

Statistik Blog

  • 469,689 hits
Januari 2013
S S R K J S M
« Okt   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

RSS Tentang Perempuan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Sekilas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: