01
Apr
09

KIAT PEREMPUAN MENGATASI KESEJAHTERAAN SOSIAL


Pembangunan pemberdayaan perempuan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan pemberdayaan manusia yang menyeluruh untuk membangun tata kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara serta mewujudkan kemajuan disegala bidang.

Diera kompetitif sekarang ini perempuan harus mempunyai misi yang jelas agar harapan dan cita-citanya dalam mencapai tujuan dapat lebih terarah. Meningkatkan kedudukan dan peranan perempuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan solusi yang tepat dan melalui kebijakkan Nasional dengan tetap mempertahankan nilai persatuan dan kesatuan, serta nilai-nilai histories perjuangan kaum perempuan dan melanjutkan usaha pemberdayaan perempuan, serta kesejahteraan keluarga dan masyarakat.. Jika jumlah perempuan aktif berpartisipasi meningkat, maka perempuan dapat memberikan sifat dan pengalamannya yang berbeda terhadap wilayah politik

Kesadaran perempuan dalam berpartisipasi dalam politik menentukan kemajuan pembangunan bangsa dan akhirnya memungkinkan lebih banyak pilihan keputusan yang berpihak kepada kepentingan perempuan. Yang tujuannya memusatkan perhatian dan isu-isu secara strategis berpengaruh langsung pada meningkatnya keterwakilan perempuan dalam posisi pengambilan keputusan. Upaya yang perlu dilakukan dalam amandemen terhadap konstitusi dan pihak Undang-Undang. Kesejahteraan antara perempuan dan laki-laki menjadi perhatian kita semua, kemitra sejajaran inipun dibahas dalam konvensi international tentang penghapusan segala bentuk diakriminasi terhadap perempuan, yaitu pengesampingan atau pembatasan ataupun pembedaan penggunaan hakl-hak asasi perempuan. Persamaan hak, penghapusan diskriminasi terhadap perempuan, sehingga kaum perempuan mempunyai hak yang sama dengan laki-laki dalam mengimplikasikan perannya baik dalam bidang politik, social, ekonomi dan budaya. Bahkan dalam pasal 8 Konvensi International mengenai Hak Azasi Perempuan berbunyi : Menjamin perempuan, pada persyaratan-persyaratan yang sama dengan laki-laki tanpa diskriminasi apapun pada kesempatan untuk mewakili pemerintah mereka pada tingkat International dan untuk mengambil bagian dalam tugas khusus Organisasi-Organisasi International. Bahkan dengan keluarnya UU No : 12 tahun 2002 tentang Pemilu yang disebutkan pada pasal 65 ayat I “ Setiap partai politik, peserta Pemilu dapat mengajukan calon anggota DPR<DPRD Propinsi dan DPRD kabupaten/kota untuk setiap Daerah dengan memperhatikan keterwakilan Perempuan sekurang-kurangnya 30 %. Akan tetapi kita tidak boleh terlalu bangga dengan prestasi tersebut, kalau kita tidak dapat menempatkan perempuan yang betul-betul berperan aktif membela perempuan yang selama ini tertinggal. Oleh karena itu perempuan harus meningkatkan kualitasnya. Penulis mengajak seluruh kaum perempuan untuk bersama- sama meningkatkan kualitas hidup perempuan agar dapat bersaing dengan laki-laki dalam berbagai bidang kehidupan dengan tidak menyalahi aturan yang ada. Yang membuat perbedaan

Antar gender dari segi nilai-nilai social budaya telah diberi arti bahwa perempuan mempunyai kekurangan, hal mana merupakan kendala bagi pengembangan potensi perempuan. Untuk itu perlunya mewujudkan kemitra sejajaran jika ingin memajukan mutu kehidupan bangsa. Konsep partnership yang harmonis antara perempuan dan laki- laki bukan sesuatu yang mustahil untuk dicapai dalam kehidupan bermasyarakat. Namun kenyataannya yang masih dihadapi perempuan adalah keterkungkungan oleh stereotype tentang apa yang pantas atau tidak pantas dilakukan olehnya sebagai perempuan.

Keterkungkungan itu sekaligus membatasi pengembangan minatnya dan menyebabkan bahwa perempuan masih lebih banyak terkonsentrasi pada bidang study maupun jenis pekerjaan yang khas perempuan ( female job ).

Dilekatkan masalah kodrat hanya pada perempuan dan tidak sebagai kondisi khas manusia dan interpretasi kodrat yang cenderung membatasi ruang geraknya mengakibatkan perempuan tidak dapat atau tidak mau ( tidak berminat ) mengembangkan potensi yang dimilikinya, sehingga ada gejala untuk memandang perempuan sebagai kurang pandai, kurang pantas melakukan sesuatu, kurang stabil dsb. Organisasi perempuan dapat berperan sebagai motivator dan motor solidaritas social di kalangan masyarakat untuk mau secara langsung ataupun tidak langsung melakukan proses pemberdayaan perempuan. Hal apa saja yang dilakukan kaum perempuan agar dapat mempunyai hak dan kemampuannya yang sama dengan pria. Perempuan diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia yang sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing, juga diperlukan satu pemahaman tentang kesetaraan dan keadilan gender disemua kalangan dan instansi termasuk para pejabat dan seluruh elemen masyarakat.

Wacana pemberdayaan perempuan mempunyai 3 ( tiga ) sasaran sebagai berikut :

1. Meningkatkan kedudukan dan peran perempuan di berbagai bidang kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Meningkatkan peranan perempuan sebagai pengambil keputusan dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

3. Mengembangkan usaha pemberdayaan perempuan, kesejahteraan keluarga dan masyarakat serta perlindungan anak.

Hal-hal yang menghindari semua tujuan tersebut adalah persamaan hak dan martabat perempuan. Masalah kesejahteraan social tidak lepas dari permasalahan perempuan, selama perempuan masih termajinalkan belum dapat mengemukakan pendapat belum dapat mengambil keputusan, dan perempuan masih dianggap sebagai manusia kedua setelah laki-laki dan selama kesetaraan dan keadilan gender belum terwujud maka kesejahteraan social juga belum terwujud.

Membangun dan mewujudkan kesejahteraan social adalah membangun bangsa ini secara utuh tanpa membedakan antara laki-laki dan perempuan oleh karena itu pembangunan yang berkesetaraan dan berkeadilan gender perlu diwujudkan dan diharapkan perempuan mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan serta kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan. Yang menjadi permasalahan sekarang bagi perempuan yaitu:

1. Bagaimana kaum perempuan dapat mengatasi segala keadaan yang menghambat peran dan geraknya dalam masyarakat.

2. Cara-cara apa yang dapat dilakukan agar tercipta adanya kondisi yang . disebut pemberdayaan perempuan.

Yang paling mendasar dibutuhkan kemampuan untuk meningkatkan kualitas diri melalui berbagai cara, baik jalur pendidikan maupun jalur organisasi seperti berikut :

A . Meningkatkan kemampuan kaum perempuan untuk dapat terlibat dalam program pembangunan sebagai partisipasi aktif.

b. Meningkatkan kaum peremuan dalam kepemimpinan untuk meningkatkan posisi dalam masyarakat, maka semua dapat berkontribusi sesuai dengan peran potensinya masing-masing. Kaum perempuan sudah saatnya untuk bangkit, untuk memposisikan dirinya sejajar dengan laki-laki.


18 Responses to “KIAT PEREMPUAN MENGATASI KESEJAHTERAAN SOSIAL”


  1. April 1, 2009 pukul 10:09 am

    Salam Kenal Bu Agnes, saya tunggu-tunggu article, yang murni bukan yang kampanye, nah… ini boleh.. Untuk menujudkan Kesejahteraan Sosial adalah membangun bangsa ini secara utuh tanpa membedakan antara laki-laki dan perempuan, kenyataan di lapangan kemampuan perempuan kurang pintar dibanding laki-laki, sedangkan perempuan minta jatah yang sama, diberi jatah malah tak bisa mengelola, makanya tidak heran jika masyarakat menilai perempuan itu kelas dua, maaf ya Bu, karena Ibu perempuan.

    Salam, Suaib

  2. April 1, 2009 pukul 11:54 am

    Salam,

    Perjuangan perempuan, dengan berpendidikan an akhlak yang mulia serta keberanian diri, dunia membuka diri untuk kaum perempuan untuk menjadi pemimpin di manapun.

    “Salam Pemilu 2009”

  3. April 1, 2009 pukul 12:06 pm

    Setuju Gus, hanya tinggal mencapai agar kemajuannya dapat setara dengan laki-laki, terima kasih komentnya, Sukses untuk anda.

  4. April 1, 2009 pukul 1:52 pm

    Untuk Suaib tidak semua perempuan demikian, masih banyak perempuan yang berkualitas dan bertanggung jawab, serta yang memikirkan program masa depan yang gemilang, Okay terima kasih komentnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  5. April 1, 2009 pukul 1:56 pm

    Sakam kenal Ibu yang cantik, perempuan yang berbakat bahkan bisa lebi cekatan dari laki-laki, kalau menangani suatu kegiatan, dan perempuan-perempuan cerdas lebih pandai menyimpan uang kelihatannya, Apa benar begitu Bu ?

  6. April 1, 2009 pukul 3:59 pm

    Betul, Sam, seratus untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  7. April 3, 2009 pukul 7:15 am

    Sepertinya perempuan di era sekarang emang banyak mengambil alih peran kaum laki2,. Meski kadang suka berlebihan dan digunakan sebagai senjata kalau sekarang ini sudah ada persamaaan genre,. contohnya = ” gw ama temen rebutan komputer,. pasti temen gw bakal bilang, *ye sekarang kan semua punya hak yang sama,.* trus kalo udah ada hambatan temen gw pasti juga bilang *Aku kan wanita..*
    Kadang suka sebel ndiri mb’,,.

  8. 8 Re Fandi88
    April 3, 2009 pukul 12:41 pm

    Betul tuh sobat … kadang wanita kalau ingin sesuatu lalu mengatasnamakan gender. Tapi waktu sudah KO … juga mengatasnakaman dirinya wanita … CP DEH …

  9. April 3, 2009 pukul 5:19 pm

    Hallo Fandy, selamat sore memang pada kenyataannya tidak semua perempuan mandiri, keterbatasannya sering dijadikan alasan karena ia perempuan, tetapi jika menuntut hak karena keadilan dan kesetaraan gender, minta disetarakan sebab itulah perempuan harus mengoptimalkan kemampuannya untuk sejajar dengan laki-laki agar perempuan tidak termaginalkan, demikian Fandy, terima kasih komentnya, sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  10. April 3, 2009 pukul 9:26 pm

    salam…🙂

    saya setuju soal kesetaraan jender.
    tapi menurut saya, memang ada hal2 yg hanya bisa dilakukan laki2, maupun hanya bisa dilakukan perempuan. jadi IMHO, baik laki2 maupun perempuan agar menyadari peran masing2 untuk sama2 membangun negeri🙂

  11. April 4, 2009 pukul 12:04 pm

    Hallo Ci 2 apa khabar ? perempuan dan laki-laki mempunyai peran masing-masing yang khas, juga perempuan dan laki-laki beda tetapi bukan untuk dibeda-bedakan. Demikian Ci, semoga bermanfaat.

    Regards, agnes sekar

  12. April 4, 2009 pukul 12:33 pm

    Selamat Siang…
    Salam Kenal dari Balikpapan…
    Boleh bertukar link..?🙂

  13. April 4, 2009 pukul 2:21 pm

    Selamat sore, dengan senang hati sekolah pramugari, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  14. April 5, 2009 pukul 12:21 am

    hallo mb’ sekar… pertanyaan seputar right man on the rihgt place sudah terjawab di blog saya,. silakan dilihat di bawah koment anda kemarin,, trimakasih🙂

  15. April 5, 2009 pukul 9:05 am

    Salam kenal mbak Sekar saya mendukung perempuan-perempuan di Kalimantan ini harus diberdayakan, supaya bisa menyuarakan suara perempuan di daerahnya, agar perempuan-perempuannya berpikiran maju.

    Salam, dari Balikpapan

  16. April 5, 2009 pukul 10:15 pm

    Hallo Mba’ Agnes Sekar.. Hmmm.. Berkunjung lagi neh.. Tambah rame aja blognya.. Mohon di bagi-bagilah kiatnya..

    Salam,
    OmpuNdaru

  17. April 5, 2009 pukul 10:39 pm

    Hallo lagi Bang Ompun apa khabar ? kiatnya hanya satu rajin-rajin nulis yang bermanfaat untuk orang lain , demikian Bang, terima kasih sudah mampir, Sukses untuk Abang.

    Regards, agnes sekar

  18. April 10, 2009 pukul 10:15 am

    PAgi Ibu…
    Maaf baru Berkunjung lagi…
    Bu, Foto dan Link udah di ADD nih…
    Di Link balik ya Bu….🙂
    Terima KAsih….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


MY THOUGHT ABOUT THIS WORLD

Penulis

In here, I write my thought about this world, from any idea that speak about my job to my activities with my families and friends, which I like to share for you.
OK, Thanks for your attention and I hope it will be useful for us, especially for you.
GBU

Statistik Blog

  • 469,689 hits
April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

RSS Tentang Perempuan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Sekilas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: