07
Apr
09

MENGENAL TEKNOLOGI INFORMASI


Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat computer untuk mengolah data, system jaringan untuk menghubungkan satu computer dengan computer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan di akses secara global.


Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hoby, rekkreasi, dan rohani. Kemudian pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobby, rekreasi dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis dan asosiasi profesi. Sarana kerja sama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, Negara, ras, kelas ekonomi, ideology atau factor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran.

I . Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara electronic. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e seperti e-commerce, e-

Government, e-education, e-library, e- journal, e-medicine,e-laboratory, e- biodiversily, dan yang lainnya lagi yang bernasis elektronika.

II. TREND TEKNOLOGI INFORMASI

Sampai 200 tahun yang lalu ekonomi dunia bersifat agraris dimana salah satu ciri utamanya adalah tanah menerupakan factor produksi yang paling dominant. Kemudian terjadi revolusi industri, dengan ditemukan mesin uap, ekonomi global berevolusi kearah ekonomi industri dengan ciri utamanya adalah modal sebagai factor produksi yang paling penting. Menjelang peralihan abad sekarang ini, cenderung manusia menduduki tempat sentral dalam proses produksi, karena tahap ekonomi yang sedang kita masuki ini berdasar pada pengetahuan ( knowledge based ) dan berfokus pada informasi ( information focused )Dalam hal ini telekomunikasi dan informatika memegang peranan sebagai teknologi kunci ( enabler technologi )

Teknologi Informasi dan Teknologi Telekomunikasi seperti 2 mata uang yang kini berjalan seiring, tidak bisa dipisahkan. Dimana ada kemajuan teknologi Telekomunikasi, selalu diiringi dengan kemajuan atau kemudahan teknologi informasi, seperti misalnya handphone ( HP ). Kini dengan fasilitas yang ada di HP, kita bisa bertransaksi untuk melakukan transfer uang ke Bank, komunikasi data atau sms ( Short message service ). Begitu juga sebaliknya, kini kemajuan yang ada di teknologi informasi selalu di dukung dengan kemajuan di bidang telekomunikasi juga, seperti ketersediaan infrastruktur teknologi informasi untuk menyalurkan data, seperti melalui serat optic ( fibre optic ), gelombang radio ( micro wave, wifi,cellular ). Contoh juga kemampuan berkomunikasi bisa menggunkan internet yang kini kita kenal dengan teknologi Voip ( Voice Over Internet Protocol ). Karenanya kini kita mengenal istilah Telematika, yang merupakan singkatan dari Telekomunikasi dan Informatica atau sering juga disebut ICT ( Information Communication Tecnology ). Kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi begitu pesat, sehingga memungkinkan diterapkannya cara-cara baru yang lebih efisien untuk produksi, distribusi, komsumsi barang dan pelayanan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam masyarakat atau Ekonomi Informasi. Masyarakat baru ini juga sering disebut sebagai masyarakat pasca industri.

Apapun namanya, dalam era informasi, jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi menjadi factor dalam hubujngan antar manusia atau antar lembaga usaha sehingga jagad ini menjadi suatu dusun semesta atau global village sehingga sering kita dengar istilah “ jarak sudah mati atau distance is dead “ makin lama makin nyata kebenarannya. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sector teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sector yang paling dominant. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.


15 Responses to “MENGENAL TEKNOLOGI INFORMASI”


  1. April 7, 2009 pukul 8:43 pm

    Salam, Bu apa khabar ? Bu Agnes saya setuju bahwa masa kini kehidupan ini berfocus pada e-life, karena pepatah katakan, orang yang menguasai T.I. akan menguasai Dunia.

    Trims

  2. April 8, 2009 pukul 12:03 pm

    Bu Agnes hidup masa kini ketinggalan zaman jika tidak melibatkan TI mau tidak mau suka tidak suka orang yang tidak mengerti TI akan di tinggalkan maka dari itu perlunya mengenal T.I.

  3. April 9, 2009 pukul 7:14 pm

    Pada masa pemilu ini penting sekali TI, contohnya dalam perhitungan cepat ( quick Qount ) semuanya memakai teknologi canggih, dan salut dalam waktu singkat dapat diketahui perhitungannya Bravo untuk TV One. Terima kasih tulisan yang bagus.

    Salam,

  4. 4 guskar
    April 9, 2009 pukul 10:21 pm

    di semua bidang kehidupan, hampir sdh terjamah oleh IT, jd siapa yang tidak menggunakan IT akan ketinggalan informasi yang setiap detik cepat sekali perubahannya. Nyontreng siang tadi, malam harinya sdh diketahui siapa pemenangnya, semua karena IT.

  5. April 10, 2009 pukul 12:24 am

    yang jelas saya sampe nyasar ke blog mantab ini karena TI,…heheheheh salam kenal dari planet aneh,…

  6. April 10, 2009 pukul 2:05 pm

    Benar skali bu, skarg ne mank zamannya comfuterisasi. Hmpir sluruh aktivitas manusia d akses mlalui teknologi. Aq dpt baca tulisan ini n bs kenal ibu jg karna teknologi dewasa ini..

  7. April 11, 2009 pukul 9:52 am

    Untuk Anwar, Rita dan Sarengat terima kasih komentnya memang hari gini kita sudah waktunya menggunakan TI, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  8. April 11, 2009 pukul 9:55 am

    Untuk Guskar,Bongjun dan jiwa kelana, terima kasih komentnya, dengan IT kita dapat mengetahui banyak hal dan dengan mempraktekkan IT kita mengetahui lebih banyak lagi. Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  9. April 11, 2009 pukul 11:27 am

    Sering kita lihat di jalanan pantai Utara jawa truk-truk yang bermuatan penuh belakangnya mengenakan tulisan situs tertentu yang tentunya mengikuti trend nya TI, yang penting ikut-ikutan tapi tidak mengerti apa maksudnya, Ini terbukti bahwa TI sudak merakyat sampai ke pelosok negri. Tulisan yang berkualitas, salam kenal dari Ganda.

  10. April 11, 2009 pukul 1:12 pm

    Maaf Bu mau tanya tentang TI bagaimana mau mengganti tajuk yang gambarnya kita down load sendiri bukan dari themes yang tersedia seperti punya Ibu ini. Trims

  11. April 11, 2009 pukul 7:54 pm

    Betul Ganda hal diatas menunjukkan bahwa IT sudah merakyat sampai ke pelosok Tanah Air, untuk Gunawan, ikuti urut-urutan sbb : pertama Login dulu ke Meta, Clic edit, Copy Paste Gambar yang mau di pasang ditempat Tajuk, terakhir posting, Jadilah seperti yang diharapkan. Terima kasih komentnya untuk Ganda dan Gunawan, semoga responnya dapat sesuai dengan yang diharapkan.

    Regards, agnes sekar

  12. April 13, 2009 pukul 7:15 am

    weh,saya juga nyampe blog yang bagus gini gara gara TI hehe kunjungin dong my blog (klik link hehe males bikin alamat)

  13. April 13, 2009 pukul 7:22 pm

    Selamat malam Farasy, senang bisa bertemu di dunia maya, Okay saya langsung ke TKP.

  14. April 13, 2009 pukul 7:30 pm

    Ibu Sekar saya senang berjalan – jalan di Blog nya penuh ilmu dan banyak hal yang baru, dan saya setuju pilihan partai nya sama dengan saya. Apa karena Ibu perempuan lantas pilih partai yang pemimpinnya perempuan ? Terus Bu perjuangkan 28 sampai tuntas, karena jerih lelahmu tidak sia-sia. Karena Ibu jago TI inilah makanya Ibu dapat mendukung kami. Terima kasih Bu Agnes yang baik.

  15. April 14, 2009 pukul 2:30 pm

    Apa khabar Bu Sekar, bagaimana hasil Pemilu di Kalteng ? Semoga melalui IT dapat cepat dilihat hasilnya, Itulah kegunaan IT bisa mempermudah segala yang kita perlukan dalam hidup ini.

    Salam hangat dari Rosihan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


MY THOUGHT ABOUT THIS WORLD

Penulis

In here, I write my thought about this world, from any idea that speak about my job to my activities with my families and friends, which I like to share for you.
OK, Thanks for your attention and I hope it will be useful for us, especially for you.
GBU

Statistik Blog

  • 469,689 hits
April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

RSS Tentang Perempuan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Sekilas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: