05
Okt
09

GAMBARAN UMUM WILAYAH KALTENG


//

Keep Bali Green by duadunia.

Letak Wilayah

Propinsi Kalimantan Tengah dari segi geografis terletak didaerah katulistiwa yaitu antara garis 0 derajat 45′ Lintang Utara dan 3 derajat 30 ” Lintang selatan serta 111 derajat  sampai 116 derajat Bujur Timur.

Luas Wilayah

Propinsi Kalimantan mempunyai luas wilayah 153.564 km kuadrat. Merupakan propinsi terluas ketiga  di Indonesia setelah propinsi Irian Jaya dan Propinsi Kalimantan Timur, terdiri atas hutan Belantara, Rawa-rawa, Sugai Danau dan genangan air lainnya serta pertanahan lainnya.

Batas wilayah

Sebelah timur : dengan propinsi Kaltim dan propinsi Kalsel

Sebelah Barat : dengan Propinsi Kalbar

Sebelah Utara : Dengan Propinsi Kalbar dan Propinsi Kaltim

Sebelah Selatan : Dengan Propinsi Kalsel dan Laut Jawa

Topografis dan Iklim :

Propinsi Kalteng dari sudut topografis dapat dibagi atas bagian-bagian sebagai berikut :

Bagian Selatan : Merupakan Daerah Pantai dan rawa dengan ketinggian 0-50 m diatas permukaan laut dengan tingkat kemiringan 0-8 %

Bagian Tengah : Merupakan Daerah perbukitan dengan ketinggian antara 50-150 m diatas permukaan laut dengan tingkat kemiringan 8-25 %

Bagian Utara dan Barat Daya : Merupakan Daerah perbukitan dan pegunungan dengan ketinggian 150 m atau lebih diatas permukaan laut dengan tingkat kemiringan diatas 25 %.

Daerah ini beriklim tropis dengan mendapat penyinaran matahari rata-rata 51-65 % pertahun, kecepatan angin rata-rata 4-5 knot per detik, suhu rata-rata antara 22 derajat ( minimum ), serta curah hujan rata-rata 2.683 mm-3100mm pertahun.


36 Responses to “GAMBARAN UMUM WILAYAH KALTENG”


  1. Oktober 5, 2009 pukul 9:16 pm

    Salam kenal Bu Sekar, Klu gambaran Umum belum lengkap, Sumber daya lahannya Mana ? Trims

    • Oktober 5, 2009 pukul 9:33 pm

      Salam kenal kembali Toto, Koq tau aja belum lengkap, ketika posting tulisan tiba-tiba mati listrik ( giliran, akhirnya tertayangkan separuh tulisan maaf ya ? Okay akan saya lengkapi pada [ostingan berikutnya. Tentang Sumber daya lahan : Sesuai Tata Ruang Wilayah Propinsi ( RTRWP ) Kalimantan Tengah yaitu :
      – Hutan kawasan Produksi terbatas 4,056 juta Ha
      – Hutan Kawasan Produksi tetap 4,461 juta Ha
      -Hutan Kawasan Produksi Pemukiman dan Penggunaan lainnya 2,405 Juta Ha
      – Hutan Kawasan Pengembangan Produksi 3,114 Juta Ha.

      Demikian Toto semoga bermanfaat.

      Regards, agnes sekar

  2. Oktober 5, 2009 pukul 9:21 pm

    Bu Agnes maaf lama belum kunjungan , lama nggak ngeblog krn Dinas Luar, Bu Agnes Fasilitas Infra Strukturnya mana ? Maaf ya ?

    • Oktober 5, 2009 pukul 9:43 pm

      Apa khabar Anang Ya itu tadi ketika mosting tulisan mati lampu sehingga baru separuh , Alhasil masih belum tuntas, Tentang Infra strukturnya sebagai berikut :
      – Perhubungan Darat :
      Panjang Jalan Negara Propinsi, Kabupaten dan Kota, seluruhnya 9.279,68 terdiri dari :
      – Jalan Negara : 1.707,53 km
      – Jalan Propinsi : 523,51 km
      – Jalan kabupaten : 6.620,90 km
      – Jalan Kota : 418,74 km

      Jenis Permukaan Jalan :
      – Aspal : 2.504,02 km
      – Kerikil : 1.477,73 km
      -Tanah : 3.501,91 km
      – Lainnya : 1,706,02 km

      Kondisi Jalan :
      Baik : 2.781,12 km
      – Sedang : 2.198,73 km
      – Rusak : 1.654,10 km
      – Rusak Berat : 2.645,73 Km.
      Demikian Anang semoga bermanfaat.

      Regards, agnes sekar

  3. Oktober 5, 2009 pukul 9:22 pm

    Komen tentang fotonya; Endaaaaaaah banget, Buk! Itulah Indonesia!

    • Oktober 5, 2009 pukul 9:45 pm

      Selamat malam Alamendah, Setuju pendapat anda, memang indah koq, Terima kasih kunjungannya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar

  4. 7 Rosihan
    Oktober 5, 2009 pukul 9:26 pm

    Salam kenal Bu Sekar, Mantap yang mostingnya, Kunjungi site saya ya ?

    • Oktober 5, 2009 pukul 9:47 pm

      Selamat malam Rosihan, Terima kasih kunjungannya, Memang mantap, Sukses untuk anda. Okay saya menuju ke TKP.

      Regards, agnes sekar

  5. 9 Harmoni
    Oktober 5, 2009 pukul 9:50 pm

    Salam kenal Bu Sekar

    Setahu saya di Kalteng banyak sungai-sungai, makanya banyak pelabuhan, Bu infrastruktur lautnya bagaimana ?

    • Oktober 5, 2009 pukul 10:02 pm

      Selamat malam Harmoni, benar kata anda, Terdapat pelabuhan Laut untuk Eksport/Import dan pelabuhan Antar Pulau untuk angkutan barang dan penumpang yakni :
      Pelabuhan Ekspor/Import :
      1. Pelabuhan Sampit di Kotim
      2. Pelabuhan KUmai di Kobar
      3. Pelabuhan Pulang Pisau di Kabupaten Kapuas.

      Pelabuhan Antar Pulau :
      1. Pelabuhan Kuala Kapuas di Kapuas
      2. Pelabuhan Kuala Pembuang di Kotim
      3. Pelabuihan Samuda di Kotim
      4. Pelabuhan Pagatan di Kotim
      5. Pelabuhan Sukamara di Kobar.

      Panjang garis pantai Kalteng sekitar 750 km yang meliputi kabupaten Kapuas, Kabupaten Kotim dan Kabupaten Kobar.

      Perhubungan Sungai

      Kalteng dialiri oleh 11 buah sungai besar dan ratusan anak sungai/sungai kecil yang mengalir dari Utara ke Selatan menuju Laut Jawa, dengan panjang alur antara 175 km sampai 900 km, yang pada musim hujan sebagian besar alurnya dapat dilayari, sedangkan pada musim kemarau hanya dapat dilayari secara terbatas. Terima kasih sharingnya, Semoga bermanfaat.

      Regards, agnes sekar

  6. Oktober 6, 2009 pukul 2:28 pm

    waduh.. mbak agnes ini mengoyak kenangan saya akan kalteng deh.. meskpn dulu saya tinggal di salah satu sudut wilayahnya..🙂
    wilayah hutan masih mendominasi wilayah kalteng ya mbak. Ada satu teman saya yg bekerja di kebun Kelapa Sawit, tp saya nggak tahu persisnya di mana (saya baru dengar di kalteng ada perkebunan kelapa sawit)
    dengan membaca komeng mbak agnes di atas, pembangunan kalteng demikian pesat ya klo nggak salah sejak dipimpin oleh pak teras narang.
    selamat berkarya mbak untuk kalimantan tengah.

    • Oktober 6, 2009 pukul 2:35 pm

      Selamat sore Guskar, iya betul kalau di Sunda sana dikatakan masih leuwi ganggong galodogan, Tapi akhir-akhir ini kemajuannya sangat pesat, klu orang Jawa bilang panglingi ngono lho Gus, Terima kasih kunjungannya, Sukses untuk Guskar.

      Regards, agnes sekar

  7. Oktober 6, 2009 pukul 6:09 pm

    Salam jumapa lagi bu Sekar, “narai” khabar jalan palangka-sampit bu? “bahalap” kah? denger2 banyak yang rusak, saya sangat berharap Kal-Teng bisa mengejar pembangunan agar lebih maju dan sejajar dengan propinsi lainnya di Kalimantan dan di Indonesia. Mungkin infrastruktur perlu perbaikan yg lebih bagus agar iklim investasi bergairah karena tidak menimbulkan high cost economy

    • Oktober 7, 2009 pukul 5:32 pm

      Kabar bahalap, metuh kepemimpinan Teras Narang are kemajuan Kalteng, Jalan Palangka – Sampit jadi bahalap. Amun handak mananjung ka Sampit takan ih pasti menyanangkan. Terima kasih akan pandumah ah, Sukses akan pahari.

      Salam, agnes sekar

  8. Oktober 7, 2009 pukul 2:24 am

    wakh kalo di kalimantan emang keren buanget bu…aku juga pernah main kesana

    • Oktober 7, 2009 pukul 5:34 pm

      Selmat ,malam Harry, Terima kasih kunjungannya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar

  9. Oktober 7, 2009 pukul 8:44 am

    pa kabar Bu…
    fotonya bagus banget…
    indah hamparan sawahnya
    hijau royo royooo
    makmur n subur..
    seneng ngliatnya

    • Oktober 7, 2009 pukul 5:35 pm

      Selamat malam Mouldy, Terima kasih kunjungannya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar

  10. Oktober 7, 2009 pukul 6:11 pm

    Wahhhh saya aq blum punya kesempatan kesana
    Dengan curah hujan yang cukup tinggi, lahan yang luas.. (mudah-mudahan juga subur & SDM cukup) tersebut selayaknya Kalteng dapat meciptakan ketahanan pangan yachhhhh…
    Salam Hangat
    C.U

    • Oktober 7, 2009 pukul 7:17 pm

      Selamat malam Agoesman, Ya…semoga tahun-tahun kedepan semakin meningkat profesionalisme SDM nya dan memiliki implementasi pengingkatan investasi yang berkualitas serta memiliki pemanfaatan potensi SDA nya.

      Terima kasih sharingnya, Sukses untuk anda.

      Regrads, agnes sekar

  11. Oktober 7, 2009 pukul 8:02 pm

    Penduduknya bagaimana Bu. Banyak jugakah orang Jawanya, apakah sama dengan penduduk wilayah Kalsel, Kalbar dan Kaltim. Saya ada kerabat yang bekerja di Kalteng (Tamiyang Layang) itu di sebelah mana ya?

    • Oktober 8, 2009 pukul 2:18 pm

      Selamat siang Mufti, Jumlah penduduk propinsi Kalteng tahun 20006 adalah 2.762.071 jiwa, Tamiyang layang termasuk Barito Timur, sebelah Timur Palangka Raya, Okay Mufti, terima kasih kunjungannya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar

  12. Oktober 9, 2009 pukul 2:30 pm

    Selamat siang saudarakuw, ^_^…V

    • Oktober 9, 2009 pukul 2:51 pm

      Selamat siang lagi D3 pd.

  13. Oktober 11, 2009 pukul 12:12 am

    Salam Takzim
    Selamat malam bunda Agnes, melihat dan membaca kata KALIMANTAN, walau diposisi Timur, Barat, Tengah apalagi Selatan, saya sangat serius membacanya maklum ada darah borneo nih bun, walau belum pernah menginjak namanya KALIMANTAN. Untuk melengkapi indahnya malam, tertulislah komentar ini demi KALIMANTAN yang kaya akan HUTAN, mari Selamatkan HUTAN KALIMANTAN.
    Salam Takzim Batavusqu

    • Oktober 11, 2009 pukul 8:19 pm

      Selamat malam Zipoer, Terima kasih kunjungannya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar

  14. Oktober 11, 2009 pukul 12:52 pm

    Salam Takzim
    Selamat Siang Bunda Agnes, menyapa untuk mengingatkan waktu makan siang hampir habis. Makanlah agar tetap berenergi
    Salam Takzim batazuzqu

    • Oktober 11, 2009 pukul 8:18 pm

      Selamat siang Batavusqu, maaf tadi siang jaringan disini eror baru buka malam ini, Terima kasih atensinya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar

  15. 29 jafo
    Oktober 16, 2009 pukul 1:32 pm

    siang mbak agnes,
    salam kenal yah..
    mbak asli kalimantan tengah ya?? lumayan nih nambahin ilmu soal kalteng, thx ya mbak..
    soal kaltim ada gk mbak?

    • Oktober 17, 2009 pukul 6:01 am

      Selamat siang Jafo, senang berkenalan dengan anda, soal Kaltim tentu ada, orang Kaltimkah ? Terima kasih kunjungannya, Sukses untuk Jafo.

      Regards, agnes sekar

  16. 31 jafo
    Oktober 17, 2009 pukul 9:20 am

    ortu asalnya sumatera selatan, saya lahir n besar di jkt.
    Semenjak lulus kuliah thn 2000, menetap di balikpapan dan kebetulan ibu mertua asli kalteng.. kalo gk salah dari daerah tarusan..?

    Penasaran juga ama kota palangkaraya itu kyk gimana? mungkin bs sharing mbak.. thx yah.

    • Januari 28, 2010 pukul 8:59 pm

      Selamat malam Jafo, baik, saya kirim Via email agar lebih lengkap dengan gambar-gambarnya sekaligus, Terima kasih kunjungannya, Lain waktu disambung lagi

      Regards, agnes sekar

  17. 33 fisioterapisamarinda
    Agustus 9, 2010 pukul 1:26 pm

    lama juga tidak bersua, tulisan ibu sangat bermanfaat dan bagus sekali jadi banyak tahu kita tentang kalteng, mudahan wacana jadi ibukota RI terwujud nanti karena kalteng mudah menatanyanya
    dan masih luas. selamat menyambut bulan suci ramadhan dan jangan lupa minum Rice powder/tepung mata beras aneka rasa yg saya distribusikan secara on line agar badan tetap sehat/fit sukses utk ibu.
    wassalam

  18. 34 fisioterapisamarinda
    Agustus 9, 2010 pukul 1:27 pm

    lama juga tidak bersua, tulisan ibu sangat bermanfaat dan bagus sekali jadi banyak tahu kita tentang kalteng, mudahan wacana jadi ibukota RI terwujud nanti karena kalteng mudah menatanya
    dan masih luas. selamat menyambut bulan suci ramadhan dan jangan lupa minum Rice powder/tepung mata beras aneka rasa yg saya distribusikan secara on line agar badan tetap sehat/fit sukses utk ibu.
    wassalam

    • Agustus 14, 2010 pukul 7:20 pm

      Selamat malam Pak Johan, maaf terlambat balas karena baru selesai kegiatan, baru sampai IND, terima kasih banyak info yang menarik, dan terima kasih RICE POWDER nya, semoga Tuhan membalas kebaikan hati Bapak, Terima kasih kunjungannya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar

  19. Januari 6, 2011 pukul 1:16 pm

    aku pikir Kalimantan itu penuh pemandangan hutan aja ternyata tidak,terbukyi difoto distas .
    luas mata memandang hamparan pertanian. Salam hangat dari jawa / betawi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


MY THOUGHT ABOUT THIS WORLD

Penulis

In here, I write my thought about this world, from any idea that speak about my job to my activities with my families and friends, which I like to share for you.
OK, Thanks for your attention and I hope it will be useful for us, especially for you.
GBU

Statistik Blog

  • 469,689 hits
Oktober 2009
S S R K J S M
« Sep   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

RSS Tentang Perempuan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Sekilas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: