24
Jan
13

Perempuan Cerdas, Perempuan Berdaya, Perempuan Bahagia


Pemberdayaan perempuan dg  tujuan membantu perempuan membangun mindset positif dan mengenal diri sendiri, memberi gambaran dalam merumuskan impian, tujuan dan rencana hidup, menentukan prioritas hidup, serta membuat dan mengaplikasikan manajemen waktu yang efektif. Karena dengan hal-hal tersebut bisa menjadikan seorang perempuan menjadi perempuan cerdas, berdaya, dan bahagia. “Seorang perempuan cerdas, berdaya dan bahagia tentu menjadi jauh lebih produktif dan bisa berkontribusi dalam banyak hal ketika sudah menyadari segala macam potensi yang dimilikinya,”

Dalam PPL ini akan dibahas  tentang dasar-dasar kepemimpinan, self esteem, Social Enterpreunership, dan pemahaman mengenai hak-hak  perempuan serta persoalan yang dihadapi perempuan. Dengan demikian para perempuan sadar akan hak-haknya dan berani dalam membela dan menyatakan pendapat serta menyuarakan apa yang menjadi hak-haknya.

Self esteem dan leadership harus dipunyai oleh perempuan. Self esteem berarti tidak minder Gambaratas kekurangan yang dimiliki, tapi juga tidak sombong pada kelebihan yang disandang. Orang yang memiliki self esteem tinggi akan merasa “bebas” untuk bergaul dengan siapa saja; tanpa memandang kelebihan/kekurangan materi, tanpa melihat kelebihan/kekurangan fisik, tanpa peduli dengan kelebihan/kekurangan jabatan/titel rekan bergaulnya. Sikap seperti inilah yang harus dimiliki oleh perempuan, karena selain ia dapat menghargai diri, dia juga menghargai orang lain.

Selain sikap self esteem, perempuan juga perlu memiliki sifat kepemimpinan (leadership). Kepemimpinan disini meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi dan dalam memperbaiki kinerja kelompok, memotivasi para anggota untuk mencapai tujuan. Kepemimpinan mempunyai kaitan yang erat dengan sikap self esteem.  Seorang pemimpin yang  handal harus memiliki sikap self esteem yang tinggi. Leadership sebagai ibu rumah tanggapun sangat diperlukan, karena perempuan merupakan tonggak sebuah keluarga. “Self esteem maupun leadership, sangat penting dimiliki setiap perempuan, oleh karena itu perlu dibangun sejak dini melalui pendidikan, pengajaran dan bimbingan yang tepat, salah satunya dengan paparan yang dilakukan saat ini. Kami berharap para perempuan dapat menjadi agen perubahan bagi dirinya dan lingkungannya untuk kehidupan masyarakat dan keluarga yang lebih baik. Tentunya kedua hal ini harus dipunyai oleh para perempuan untuk menjadi manager atas dirinya sendiri, dan akan berdampak pada masa depannya, baik untuk keluarganya dan bagi masyarakat sekitarnya,”

 “Materi pelatihan Women Empowerment” terdiri dari 3 bagian, yakni self esteem dan kepemimpinan, pemahaman mengenai hak-hak perempuan dan beragam persoalan yang dihadapi kaum perempuan, serta social enterpreunersip. Materi mengenai Entrepreneurship akan diberikan dalam proporsi yang lebih besar untuk menunjang kemandirian ekonomi peserta dan kelompoknya agar bisa mendanai keperluan pribadi maupun organisasinya dan memutus rantai ketergantungan ekonomi yang selama ini menjadi salah satu penyebab terjadinya kekerasan terhadap perempuan.”

“Pelatihan disajikan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran bagi orang dewasa melalui beberapa metode, seperti diskusi kelompok, studi kasus, role play/bermain peran, praktik dan presentasi. Pelatihan ditekankan pada keaktifan peserta agar mereka mampu mengeksplorasi potensi diri sendiri dalam berdiskusi, merumuskan gagasan, menyampaikan pendapat, mempengaruhi orang lain serta memimpin kelompok. Pelatihan ini difasilitasi oleh tim fasilitator dari Mahasiswa Magister UNPAR Kalteng, Jurusan PLS.

“Melalui pelatihan ini diharapkan para perempuan memiliki self esteem yang baik, dapat memimpin suatu kelompok dikomunitasnya, bisa berbagi informasi, pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapat di workshop. dan menularkannya kepada perempuan lain di wilayahnya agar menjadi lebih berdaya. Dengan kata lain perempuan-perempuan disini dapat menjadi agen perubahan di wilayahnya untuk kehidupan yang lebih baik,”

Perempuan  masa kini adalah sosok perempuan yang cerdas, mandiri, beriman, berdaya guna, dan mencintai lingkungannya.

 Pertama, cerdas. Perempuan  masa kini adalah perempuan yang mencintai budaya belajar, baik ilmu pengetahuan dan teknologi, keterampilan maupun pengalaman hidup. Konsep belajar sepanjang hayat tidak dibatasi pada usia atau bangku sekolah.

Kedua, mandiri. Perempuan masa kini adalah perempuan yang mandiri, baik mandiri dalam kepribadian maupun mandiri secara ekonomi. Perempuan yang mandiri kepribadiannya adalah perempuan yang memiliki percaya diri dengan konsep diri yang positif, mampu menghadapi berbagai persoalan hidup, tidak mudah menyerah, dan berupaya mempersembahkan yang terbaik bagi kehidupan. Sedangkan perempuan yang mandiri secara ekonomi adalah perempuan yang dapat mengelola keuangan keluarga dan turut berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan pribadi dan keluarganya.

Ketiga, beriman. Perempuan  masa kini adalah perempuan yang memiliki keseimbangan hidup, baik secara vertikal kepada Tuhan-Nya maupun secara horizontal dengan sesama manusia. Secara vertikal, perempuan melakukan berbagai karya dalam hidup ini sebagai suatu ibadah, dan ia meninggalkan perbuatan buruk juga untuk ibadah. Sedang secara horizontal, keimanan membimbing perempuan berbuat bukan semata untuk kepentingan pribadinya tetapi juga untuk memberikan kemanfaatan keluarga, dan masyarakat pada umumnya.

Keempat, berdaya guna. Perempuan  masa kini adalah perempuan yang berdaya guna, yang memberikan kemanfaatan baik untuk dirinya sendiri, keluarga, dan negaranya. Bermanfaat untuk dirinya menjadi unsur pertama sebelum memberikan kemanfaatan bagi orang lain.

Kelima, mencintai lingkungannya. Karakter Perempuan  masa kini adalah perempuan yang mencintai lingkungannya. Caranya, diawali dari kesadaran dan kepedulian diri untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman dengan gerakan Go Green.

 


0 Responses to “Perempuan Cerdas, Perempuan Berdaya, Perempuan Bahagia”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


MY THOUGHT ABOUT THIS WORLD

Penulis

In here, I write my thought about this world, from any idea that speak about my job to my activities with my families and friends, which I like to share for you.
OK, Thanks for your attention and I hope it will be useful for us, especially for you.
GBU

Statistik Blog

  • 469,689 hits
Januari 2013
S S R K J S M
« Okt   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

RSS Tentang Perempuan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Sekilas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: