01
Jul
09

TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI


TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI

Teknologi Komunikasi dan Informasi hingga saat ini menjadi industri yang mengalami pertumbuhan pesat. Hal itu dimungkinkan karena industri tersebut menawarkan sejumlah peluang bisnis yang menguntungkan. Diperkirakan, pada tahun-tahun mendatang Industri Teknologi Komunikasi dan Informasi yang sangat pesat tersebut harus didukung oleh tenaga ahli teknologi komunikasi dan Informasi yang professional sehingga pada gilirannya mampu mengikuti perkembangan yang cepat dan tepat.

Perkembangan teknologi Komunikasi dan Informasi pada era globalisasi telah menuntut pengembangan SDM komunikasi dan Informasi yang professional. Oleh sebab itu kecenderungan yang akan tampak adalah pentingnya pengembangan sumber daya Kominfo yang professional yang mampu menjawab iklim perubahan tersebut secara cerdas, tegas dan Inofatif. Dalam upaya meningkatkan peluang tersebut kita dihadapi dengan berbagai tantangan seperti SDM yang mengelola komunikasi dan Informasi belum memiliki standar kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dan acuan standar internasional.Sistem pengembangan SDM di bidang Informasi belum mengarah pada pengembangan berbasis fungsional atau profesi.Kemampuan memproduksi SDM teknologi komunikasi dan Informasi masih rendah, sertta infrastruktur telekomunikasi di Indonesia masih belum memadai.
Permasalahan mendasar yang harus kita hadapi adalah upaya peningkatan kinerja bagi pengelola kominfo. Rendahnya kualitas SDM pengelola kominfo berdampak pada belum optimalnya kinerja yang ia lakukan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Berdasarkan hasil penelitian beberapa waktu yang lalu analisis pemecahan masalah untuk dapat mencapai kinerja yang optimal, perlua adanya suatu komitmen bersama dari seluruh lapisan masyarakat untuk mempersiapkan diri dan menyediakan perangkat keras maupun lunak sebagai landasan opersional beruba :
Pengembangan SDM di bidang Manajemen Informasi dan Teknologi Informasi melalui pudat Diklat.Selain itu penyediaan perangkat dan menerapkan system serta kemauan untuk saling berkoordinasi dengan mengesampingkan egoisme sektoral dengan kelancaran komunikasi dan Informasi. Yang perlu dikembangkan adalah pola kemitraan yaitu pengembangan SDM khususnya penyelenggaraan diklat yang dilaksanakan bersama-sama antara lembaga dengan prinsip saling menguntungkan. Mengaplikasikan pola pemberdayaan, adalah peningkatan kemampuan SDM kominfo oleh lembaga masyarakat untuk mengembangkan dirinya dalam melakukan pengkajian, pengembangan, sosialisasi, dan pemberian pendidikan kepada masyarakat di lingkungannya. Mengaplikasikan pola fasiltasi, seperti peningkatan kapasitas SDM kominfo oleh asosiasi, dunia usaha, dan lembaga masyarakat yang didukung atau difasilitasi oleh lembaga pemerintah, berupa bantuan program dan tenaga ahli. Terakhir adalah mengembangkan pola kompetisi, yaitu peningkatan kualitas SDM kominfo dengan menyelenggarakan berbagai kompetisi ( lomba ) di bidang kominfo, baik kompetisi diantara lembaga pemerintah maupun dunia usaha, dan lembaga pendidikan sehingga mereka mendapatkan stimulant untuk mengembangkan dirinya secara mandiri.

Upaya untuk mencapai pada sasaran diperlukan menyusun strategi mengaplikasikan program yang dicanangkan. Strategi peningkatan kinerja kominfo merupakan suatu pengembangan SDM dan tindakan yang diinginkan pada waktu YAD serta mencakup rencana program dan tindakan-tindakan manajemen. Strategi berkaitan dengan :
– Bagaimana target-target kinerja harus dipenuhi
– Bagaimana Organisasi akan memberikan perhatian kepada pelanggan
– Bagaimana Organisasi memperbaiki kinerja pelayanan terhadap pelanggan.
– Bagaimana Organisasi akan melaksanakan misinya.

Demikian hal-hal yang dapat diungkapkan untuk mengembangkan kinerja kominfo di masyarakat agar pelayanan public di bidang komunikasi dan informasi dapat dilaksanakan dengan optimal.


28 Responses to “TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI”


  1. Juli 1, 2009 pukul 9:27 pm

    Luar biasa postingannya hebaat… Ibu Sekar, saya mau bertanya untuk mengembangkan kinerja di bidang kominfo tentu harus turut campur pejabat pimpinan aparatur yang berkompetensi di bidang tersebut, dan yang cukup mengenal paradigma pembangunan sebagai landasan pemikiran yang diperlukan untuk mendesain strategi dan kebijakkan pembangunan, bagaimana penerapannya Bu ?

  2. Juli 1, 2009 pukul 9:40 pm

    Selamat malam Masrin,

    Penerapannya adalah pada aparatur pemerintahan yang memiliki peran dalam pengelolaan kebijakkan pemerintah dan pembangunan. dalam bidang komunikasi dan informasi . Secara komprehensif, berkesinambungan, dan terpadu, pengelolaan kebijakan merupakan core business dari suatu sistem administrasi negara dan pemerintahan moderen. Administrasi negara adalah suatu sistem penyelenggaraan kebijakan negara dalam keseluruhan proses dan stratifikasinya. Untuk dapat memikul tanggung jawab tersebut, sistem adiministrasi negara dan sistem organisasi dan managemen pemerintahan perlu dikembangkan secara serasi dengan tugas dan fungsi, serta dengan peran dan tanggung jawab pemerintahan dan pembangunan. Demikian Masrin, terima kasih sudah mampir, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  3. Juli 2, 2009 pukul 6:24 am

    Sejogyanya pemerintah siap untuk menghadapi Era globalisasi ini. Perannyapun sebaiknya disesuaikan dengan paradigma penyelenggaraan pemerintah yang menempatkan posisinya sebagai perumus kebijakan dan fasilitator dan mengembangkan Teknologi komunikasi dan Informasi, Untuk itu sejauh ini , apa saja yang dilakukan pemerintah untuk hal ini ? Terima kasih jawabannya Bu Sekar.

  4. Juli 2, 2009 pukul 6:53 am

    Dengan hormat dan rasa bangga,saya hadiahkan award untuk anda.Mohon dilihat di blog saya.Selamat,semoga dengan award ini bisa memacu semangat untuk menulis artikel yang menarik dan bermanfaat lainnya.
    Salam dari Surabaya.

  5. Juli 2, 2009 pukul 7:07 am

    Pada akhirnya akan kembali kepada SDM.Adagium yang mengatakan”Not the gun,but the man behind the gun” adalah benar adanya.People is the asset of an institution.

    Manusia yang meng-awaki IT harus benar-benar profesional dan bermoral.Profesional berarti melaksanakan tugasnya sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam kategori mahir,tepat waktu,tepat sasaran dan tepat guna.Sedangkan bermoral artinya dalam pribadinya tertanam nilai-nilai yang benar dan positif dilihat dari sudut manapun(agama,adat,norma,hukum,dll),serta terjaga dari dirinya dari melakukan perbuatan yang negatif-tercela.

    SDM yang profesional tetapi tidak bermoral akan merusak.Bisa-bisa mereka akan memanfaatkan tugas dan jabatanya untuk keuntungan sendiri dan atau kepentingan kelompoknya (misalnya menjual informasi,dll).Sebaliknya SDM yang bermoral tetapi tidak profesional juga akan menghambat kinerja instansi tersebut.

    Bos bertanggung jawab untuk senantiasa meningkatkan kinerja bawahannya melalui pendidikan dan latihan serta membangun dan memelihara akhlak dan moral yang baik bagi mereka.

    Maju terus.Salam dari Surabaya.

  6. Juli 2, 2009 pukul 8:44 am

    kompetensi dan kompetisi.
    adalah dua hal utama yang diperlukan dalam mengembangkan SDM khususnya dalam ilmu tekonlogi komunikasi dan informasi. karena begitu pesatnya perkembangan ilmu ini, mau tidak mau pemerintah harus berani memasukkannya dalam daftar kewajiban yang harus dimiliki pegawai tidak sekedar himbauan.
    di sisi lain juga standar pengetahuan tik ini harus mengacu kepada dunia nyata, tidak berkutat kepada produk-produk tik yang dibutuhkan oleh pekerjaan rutin saja.
    postingnya selalu jero banget😀

  7. 7 KangBoed
    Juli 2, 2009 pukul 2:57 pm

    Hmm.. konsep mbak SEKAR ini salute.. selalu bagus mbaaaaak.. sampai akhirnya kembali kepada SDM.. nah SDM.. mengenai kemampuan kerja jangan dikatakan lagi yaaa.. kembali ke mental spiriual.. ciloko maning..
    SALAM SAYANG
    SALAM HORMAT

  8. Juli 2, 2009 pukul 3:08 pm

    Selamat Siang para Blogger yang baik, maaf baru dibalas maklum rewang anake Boss mantu.

    Kang Boed,SDM juga penting Kang Boed, karena Indeks Pembangunan SDM Indonesia menurun dari urutan 110 ke urutan 112, dan Indonesia berada di bawah Vietnam, sebagai negara yang relatif baru, apalagi Mental spiritualnya so pasti atuh Kang Boed. Terima kasih komentnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  9. Juli 2, 2009 pukul 3:13 pm

    Yth, Noe,

    Setuju Noe karena kondisi kualitas SDM merupakan salah satu faktor yang menyebabkan fenomena komnunikasi dan informasi yang terjadi dewasa ini, seperti sering terjadi salah komunikasi, distorsi informasi baik antara pemerintah dengan masyarakat maupun antar golongan masyarakt. Selain karena kualitas SDM, fenomena ini banyak dipengaruhi pula oleh tatanan yang berlaku, serta kondisi ekonomi dan politik nasional. Demikian Noe, terima kasih atensinya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  10. Juli 2, 2009 pukul 3:30 pm

    Yth, Mas Abdul Cholik, ( Senior Saya )

    Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih atas Award yang diberikan, Thanks Your Kind atention ,

    Kedua,Sangat…sangat setuju Mas, karena ke profesionalan pengelola IT akan berdampak out put dari lembaga-lembaga pendidikan di bidang komunikasi dan media masa lainnya seperti media cetak/publikasi, penyiaran dan perfileman. Walaupun kemampuan SDM di bidang teknologi komunikasi dan Informasi masih rendah, kesadaran masyarakat tentang pentingnya teknologi komunikasi dan Informasi semakin meningkat, antara lain terlihat dari meningkatnya pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi khususnya perangkat komputer di Kalteng. Namun hal ini belum memadai, sehingga pemanfaatannya belum efektif dan optimal. Di Kalteng perkembangan industi teknologi komunikasi dan Informasi cukup pesat namun hal ini tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas dan kuantitas SDM. Padahal kebutuhan akan tenaga profesional di bidang teknologi komunikasi dan Informastika akan semakin besar. Dermikian Mas Cholik, terima kasih atensinya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  11. Juli 2, 2009 pukul 6:58 pm

    Yth. Rudi,

    Maaf baru dijawab belakangan karena waktunya terpotong dengan jadwal senam, untuk penerapannya menghadapi Era Globalisasi selain diperlukan upaya peningkatan SDM untuk memenuhi kebutuhan pemecahan permasalahan di dalam negri, Indonesia juga dihadapkan kepada tatanan di dunia dan harus menghadapi pesaing dari luar. Dengan berlakuknya AFTA dan APEC, tenaga-tenaga asing dapat masuk kedalam pasar dalam negri. Hal tsb menunjukkan bahwa kebutuhan akan tenaga profesional komuniukasi dan Informasi, baik media baru, media cetak/publikasi, media penyiaran, media film akan semakin besar untuk meningkatkan daya saing terutama persaingan global, dan tentu harus diimbangi dengan mengembangkan profesionalisme SDM komnifo ysng berstandar ainternasional. Demikian rudi semoga penjelasan saya ini dapat memuaskan . Terrima kasih komentnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  12. Juli 3, 2009 pukul 8:13 am

    Ibu mau tanya ya ? apa strategi yang dilancarkan oleh Pemerintah agar dapat mengembangkan teknologi komunikasi dan Informasi yang handal ?

  13. Juli 3, 2009 pukul 9:10 am

    Selamat pagi Richard,

    Strateginya dengan pengembangan sumberdaya manusia Kominfo yang dituangkan kedalam upaya perwujudan Good governance dan peningkatan investasi, dengan langkah-langkah sebagai berikut :perumusan Visi, misi dan nilai-nilai seperti pelayanan prima, koordinasi dan kerjasama, Responsif ( well-Informed ),profesionalisme. Serta membentuk Analisis lingkungan stratejik, Pencermatan Lingkungan Internal ( PLI ) dilakukan melalui pencermatan ( scanning ) lingkungan Internal organisasi yang menghasilkan kekuatan, kelemahan serta kemampuan SDM teknologi komunikasi dan Informasi dalam melayani publik. Terima kasih komentnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  14. Juli 3, 2009 pukul 7:23 pm

    Kalo saya bisa usul ke depkominfo, saya akan mengusulkan 3 hal bu:
    1. Pemberantasan situs porn benar2 dilaksanakan dan dituntaskan, dan bukan sekedar hangat2 tahi ayam.
    2. Pemerintah menggandeng swasta bisa mempercepat akses terutama jaringan internet sampai ke pelosok desa.
    3. Pemerintah sejalan dengan semakin banyaknya user TI terutama internet untuk bisa menurunkan harga koneksi inet.

  15. Juli 3, 2009 pukul 7:51 pm

    Selamat malam Mas Wandi usulan yang bagus dan mengembangkan IT dengan baik dan lebih maju lagi, Okay akan saya teruskan ke Depkominfo, Untuk butir 2 dan 3 di Kalteng baru saja Launching pemasangan jaringan via satelit Internet masuk Desa, kerja sama Penerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Kalteng, mengaplikasikan program agar seluruh wilayah sampai ke pedesaan terjangkau internet, Dan di Kalteng sudah banyak di pasang Hot Spott, di wilayah tertentu sehingga memudahkan untuk pengguna internet dengan tanpa membayar pulsa,Demikian Mas Wandi, terima kasih usulan yang bagus dan membangun, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  16. Juli 4, 2009 pukul 3:26 am

    semuanya yang penting terus belajar dan belajar ^_^ V salam D3pd

  17. Juli 4, 2009 pukul 10:31 am

    Selamat Malam D3pd, terima kasih komentnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  18. Juli 4, 2009 pukul 1:50 pm

    Kemajuan Teknologi Informasi (IPTEK) harus dibarengi dengan Kemajuan IMTAK, Insya Allah Bahagia Dunia Akhirat

  19. Juli 4, 2009 pukul 2:07 pm

    Selamat siang Abifasya,

    Setuju pendapat anda, ada prinsip dalam hidup ini yang lebih mengedepankan mental spiritual ; keteguhan hati adalah atribut yang teramat sangat penting bagi seseorang. Ia adalah lebih penting ketimbang kecakapan atau visi…. Ia tidak dapat dibatasi, tidak dapat untuk tidak diberlakukan, atau tidak dapat usang, dan ia akan merembesi jantung, merembesi lorong-lorong keadilan, dan ruang-ruang pikiran. Demikian abi, terima kasih komentnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  20. Juli 5, 2009 pukul 5:18 pm

    saya bangga warga negara indonesia mampu mengikuti perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dengan baik.. walaupun tidak menyeluruh sampai pelosok seperti suku-suku pedalaman di papua mungkin. Tapi, paling tidak, kominfo sekarang sudah dijalankan dengan baik. Sebagai contoh, di surabaya, dekat saya tinggal. Selain ada area wifi gratis, tempat yang disebut kebon bibit ini menyediakan lab khusus internet yang gratis dan bisa dipakai oleh semua orang, berbagai usia.. saya sangat bersyukur dengan adanya ini. semoga hal seperti ini semakin diperbanyak, yang tentu saja penerapannya harus di pantau.. agar tujuannya kena sasaran. Saya ndak tau dengan Banyuwangi gimana? apakah hanya sekedar area wifi gratis, atau juga sudah dilengkapi lab khusus seperti di SBY? Bukannya bermaksud membeda-bedakan, dan menjelek-jelekkan. Tapi semoga pemerintah kedepannya juga memperhatikan tentang pentingnya kominfo pada warga. Terimakasih..

  21. Juli 5, 2009 pukul 5:33 pm

    Selamat sore Thepenks, senang bisa bertemu lagi di dunia Maya,

    Thepenks, kita semua berharap demikian tiba pada gilirannya nanti seluruh wilayah Nusantara ini akan tersentuh internet, tunggu tanggal mainnya saja ya ? Thepenks tinggal di kota apa ? karena program Kominfo mendatang memberdayakan manusia yang memiliki teknologi komunikasi dan Informasi yang handal, karena mau tidak mau, suka tidak suka kita masuk pada Era Globalisasi yang serba canggih tentunya harus didukung dengan sarana dan prasarana IT yang canggih. Terima kasih komentnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  22. Juli 17, 2009 pukul 6:25 pm

    wah… seru juga baca blog nya…
    success yah….

    • Juli 17, 2009 pukul 8:19 pm

      Selamat malam Ivenxadytia. Terima kasih sudah mengunjungi Web site ini, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar

  23. Juli 24, 2009 pukul 1:06 am

    teknologi informasi dan komunikasi mamang sekarang terus berkembang sesuai kebutuhan,salam kenal sob!!!

  24. Juli 24, 2009 pukul 8:05 am

    Salam kenal kembali, terima kasih sudah mengunjungi Web site ini, Sukses untuk anda.

  25. 26 Wati
    April 18, 2011 pukul 10:21 am

    Kemajuan TI, dalam hal ini internet yang sama dengan mata pisau, bisa digunakan untuk hal positif dan bisa untuk hal negative. Saat ini penggunaan internet sudah marak di tengah masyarakat dan anak-anak. Bagaimana menurut Bu Sekar, cara merubah pandangan sebagian orang (kalangan orang tua) bahwa internet itu merupakan sarana kemaksiatan dan bagaimana pula cara agar masyarakat atau anak-anak tidak menggunakan internet untuk hal negative? Trimakasih Bu Sekar, salam kenal dan sukses selalu untuk Ibu.

  26. April 18, 2011 pukul 11:28 am

    Selamat siang Wati, Perdebatan mengenai baik buruknya internet bagi kehidupan sepertinya akan menjadi perdebatan yang tidak akan kunjung usai. Saat kini penggunaan Internet menjamur sampai ke pelosok Desa ini berbicara mengenai penyebaran Internet yang semangkin meningkat , banyak juga hal-hal bersifat negatif yang semakin mudah diakses karena perkembangan internet dan maju nya Dunia Maya, Kemajuan teknologi internet yang sepertinya semakin mengintegrasikan kehidupan Era Globalisasi yang begitu buka-bukaan penggunanya memang memungkinkan kita untuk bisa berinteraksi secara lebih ‘dekat’ melalui perantaraan dunia maya.Namun perlu diwaspadai perkembangan internet dapat menjurus ke dunia kejahatan beberapa kali menemui sebuah tindakan kejahatan berujung pembunuhan yang penyebabnya bermuara pada aktivitas internet seseorang. Seperti salah satu pembunuhan yang terjadi di Inggris di mana dengan teganya seorang suami membunuh istrinya hanya karena mengubah status perkawinannya di Facebook miliknya. Tapi tentu tidak semuanya demikian yang pasti Internet dapat mempermudah kehidupan yang lebih canggiuh, efektif dan efisien. terima kasih kunjungannya, Sukses untuk anda.

    Regards,

    Agnes Sekar

  27. Mei 9, 2013 pukul 5:49 pm

    I rarely leave a response, but i did a few searching and wound up
    here TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI | My Thought About This
    World. And I do have some questions for you if you don’t mind. Is it simply me or does it look like some of these responses come across like they are written by brain dead visitors?😛 And, if you are writing on other sites, I would like to keep up with anything fresh you have to post. Could you list of all of all your shared sites like your Facebook page, twitter feed, or linkedin profile? raspberry ketones – Raspberry Ketone Side Effects – Raspberry Ketone Scam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


MY THOUGHT ABOUT THIS WORLD

Penulis

In here, I write my thought about this world, from any idea that speak about my job to my activities with my families and friends, which I like to share for you.
OK, Thanks for your attention and I hope it will be useful for us, especially for you.
GBU

Statistik Blog

  • 469,689 hits
Juli 2009
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

RSS Tentang Perempuan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Sekilas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: