29
Jun
09

PEMBERDAYAAN EKONOMI KERAKYATAN


PEMBERDAYAAN EKONOMI KERAKYATAN

Dalam rangka menumbuhkan dan mengembangkan potensi ekonomi kerakyatan peran koperasi dan Usaha Mikro kecil dan Menengah ( UMKM ) berkedudukan sangat strategis, sehingga perlu diciptakan iklim dan kondisi yang dapat mendorong pertumbuhan dan pengembangannya.
Salah satu upaya untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif dalam mendorong pertumbuhan dan pengembangan Koperasi dan UMKM adalah dengan memfasilitasi pembinaan, pendampingan langsung maupun peningkatan permodalan, serta pembentukkan lembaga penjamin kredit dan regulasi yang berpihak kepada koperasi dan UMKM. Untuk menggali dan mengetahui secara rinci tentang sumber daya UMKM,ketersediaan SDM, mempermudah koperasi dan UMKM dalam memperoleh modal usaha, kemampuan daya saing, ketersediaan jejaring pasar serta mengetahui sampai sejauh mana kualitas produk yang dihasilkan oleh koperasi UMKM agar dapat berkompetisi pada era globalisasi. Beberapa masalah mendasar dalam pengembangan koperasi dan UMKM antara lain keterbatasan modal dan bahan baku, regulasi yang belum berpihak kepada koperasi dan UMKM, keterbatasan manejerial pengelolaan UMKM yang bersifat perorangan dan heterogen dengan variasi yang cukup tinggi.
Permasalahan yang turut berpengaruh terhadap pengembangan UMKM adalah belum maksimalnya kemampuan dan prefesionalisme aparatur Pembina UMKM dan SDM UMKM, koordinasi di tingkat pelaksana teknis belum optimal, disamping itu belum optimalnya kemitraan usaha antara koperasi dan UMKM dengan BUMN Pembina atau pengusaha besar dan lembaga financial lainnya.

Kebijakkan pemerintah provinsi Kalimantan Tengah dalam upaya pembinaan dan pengembangan Koperasi dan UMKM ke depan direkomendasikan langkah-langkah stratejik untuk memantapkan daya saing Usaha guna peningkatan peluang bisnis dan ekspor melalui :
1. Kebijakan regulasi yang berpihak kepada koperasi dan UMKM seperti penyisihan 5 % dari laba BUMN untuk pembinaan Usaha Kecil dan Koperasi ( PUKK )
2. Mempercepat pembentukkan lembaga penjamin kredit bagi koperasi dan UMKM.
3. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan teknis yang lebih efektif, terhadap SDM aparatur maupun SDM UMKM melalui Unit Pendampingan langsung khususnya pada bidang kewirausahaan serta teknologi Informasi.
4. Membangun kerja sama antar daerah dalam rangka pemenuhan kebutuhan bahan baku UMKM.

Uraian ini untuk melihat dan menganalisa isu actual yang berkaitan dengan koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kalteng guna dicarikan solusi pemecahannya, bagi perkembangan UMKM dimasa mendatang.
Semoga bahasan ini dapat bermanfaat bagi pembinaan ekonomi kerakyatan melalui UMKM di Kalimantan Tengah.


28 Responses to “PEMBERDAYAAN EKONOMI KERAKYATAN”


  1. Juni 29, 2009 pukul 7:31 pm

    Bu sekar saya mau tanya Instruksi Presiden no 6 no 2007 tentang percepatan pengembangan Sektor riil dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, apakah dapat dengan mudah diserap di Daerah Ibu ?

  2. Juni 29, 2009 pukul 8:19 pm

    Dapat diaplikasikan dengan baik ,walaupun ada hambatan adalah keterbatasan sumber daya manusia, keterbatasan finansial, ketersediaan bahan baku dan pemasaran, permasalahan lain bagi pengembangan koperasi UMKM di Kalteng belum secara merata menggunakan e-comerce sebagai sarana pemasaran koperasi dan UMKM.Hal ini mengingat masih terbatasnya SDM yang memiliki kompetensi dalam mengakses dan memanfaatkan sarana tersebut serta belum tersosialisasikannya serta meluas tentang adanya Web Site. Kemampuan SDM yang belum maksimal, keterbatasan bahan baku sehingga berdampak terhadap daya saing serta lemahnya kemampuan mengakses permodalan. Demikian Zoel, semoga bermanfaat.

    Regards, agnes sekar

  3. Juni 30, 2009 pukul 12:48 am

    oiya Bunda, tempo hari saya di undang TVRI ikut dialog Dewan DPR, MPR, MA dll, hehe..tapi pertanyaan yang saya lontarkan beliau-beliaunya pada bingung..akan tetapi mudah-mudahan negara Indonesia makin Jaya ke depannya…^_^…V

  4. 4 Cristian
    Juni 30, 2009 pukul 7:02 am

    Hi Agnes, I was one of event yesterday came on 29 June 2009 celebrated the day in the drug addict. I am amazed to see your style of speech, an interesting and smart . Success for You, and I think you are fit to be Governor of Central Kalimantan, Thanks you for responding to any post for me. Good Luck !

  5. Juni 30, 2009 pukul 7:41 am

    Where are you ……… What ur institution ? or invited from Where ? In essence i talk, that we must take part in the Combat drugs we each, as victims of drugs is generation of future of nation, so I hopefully can reply will be happy. Thanks your kind atention.

  6. Juni 30, 2009 pukul 8:05 am

    Yth, D3Pd.

    Jika bingung berati have something wrong or not Integrity ? Yang ditanya dalam forum rapat tentang ekonomi kerakyatan ? Terima kasih atensinya,

    Regards, agnes sekar

  7. 7 guskar
    Juni 30, 2009 pukul 8:23 am

    Pemerintah harus mempunyai ancangan yang pasti tentang kapan akan mengurangi bentuk campur tangan dalam affirmative action policynya, untuk mendorong ekonomi kerakyatan berkembang secara sehat. Untuk itu diperlukan kajian ekonomi yang akurat tentang timing dan process di mana pemerintah harus mengurangi bentuk keberpihakannya pada usaha kecil-menengah dan koperasi dalam pembangunan ekonomi rakyat. Isu ini perlu mendapat perhatian tersendiri, karena sampai saat ini masih banyak pihak (di luar UKM dan Koperasi) yang memanfaatkan momen keberpihakan pemerintah ini sebagai free-rider. Justru kelompok ini yang enggan mendorong adanya proses phasing-out untuk mengkerasi mekanisme pasar yang sehat dalam rangka mendorong keberhasilan program ekonomi kerakyatan. Kita semua masih mengarahkan seluruh energi untuk mendukung program keberpihakan pemerintah pada UKM dan koperasi sesuai dengan tuntutan TAP MPR.Padahal, ada tahapan lainnya yang penting dalam program keberpihakan dimaksud, yaitu phasing-out process yang harus pula dipersiapkan sejak awal. Kalau tidak, maka sekali lagi kita akan mengulangi kegagalan yang sama seperti apa yang terjadi selama masa pemerintahan orde baru.

  8. Juni 30, 2009 pukul 8:24 am

    Good morning agnes, I am so sorry I talk En English, I proud if you are a leader i am. You are beautifull people, You are honest people and you are intelligent people, but unfortunately, It is only a dream during the day because I am not the employees in the office where you work.

  9. Juni 30, 2009 pukul 8:41 am

    Thank You ur attention, I try to work with good, honest and faitfull, so that the activities and the work I do can be done with Good, and I learn to live of Integrity, so my commitment to my God .

  10. Juni 30, 2009 pukul 9:02 am

    Yth.Guskar

    Setuju Gus, sebetulnya Pemerintah sudah optimal untuk mengoptimalkan pemberdayaan ekonomi kerakyatan untuk mengkreasi pangsa pasar yang sehat, dengan cara menyentuh dinamika interaksi sosial politik dan kelembagaan yang melibatkan berbagai unsur stakeholders yang terkait dengan substansi permasalahan yang dihadapi, dan semua itu tidak lepas dari dinamika dan komplesitas perkembangan lingkungan kebijakkan yang juga menghadapi berbagai permasalahan publik yang dinamis dan beragam serta sama-sama memerlukan perhatian, Hal yang utama perlu pengembangan alternatif/cara untuk mencapai tujuan serta kriteria yang jelas dan konsisten untuk menilai alternatif-alternatif, serta perlu penyusunan model yaitu penyederhanaan dari persoalan yang dihadapi. Terima kasih atensinya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  11. Juni 30, 2009 pukul 12:15 pm

    wah ilmunya terlalu terspesialisasi nih😀
    mungkin dari aku cuma berharap agar 4 butir kebijakan, khususnya butir 1 di atas agar tidak sampai masuk kepada mekanisme ekonomi pasar, sesuatu yang sangat sensitif terhadap peran serta pemerintah dalam urusan pasar ini.
    untuk butir 4 juga jangan sampai pemda dan umkm atau koperasi membentuk kartel sendiri untuk urusan bahan baku karena bisa menimbulkan kesenjangan sosial dengan usaha di luar umkm dan koperasi ini.
    salam…

  12. Juni 30, 2009 pukul 2:33 pm

    Untuk Noe, sebagai berikut jawabannya :

    Untuk mengantisipasinya, koperasi,pengusaha kecil dan menengah berperan sebagai pelaku Utama dalam Perekonomian Daerah yang bertumpu pada Mekanisme Pasar yang berkeadilan. Pernyataan mengenai hal-hal yang harus dicapai dimasa mendatang, sehingga dijadikan acuan dalam mengembangkan strategi dan aktivitas Dinas Koperasi pengusaha Kecil dan Menengah yaitu mewujudkan ekonomi kerakyatan yang andal dengan mengembangkan kemitraan. Demikian delenger yang dapat saya respon dari komentnya, terima kasih atensinya, Sukses untuk anda.

    Regards, Agnes Sekar

  13. Juni 30, 2009 pukul 2:46 pm

    Untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan, tentu diperlukan pangsa pasar yang menjanjikan, Ibu saya mau tanya apakah pemerintah mengusahakan ke arah tersebut ? Tantangannya apa Bu ? Salam kenal dari saya

  14. Juni 30, 2009 pukul 3:04 pm

    Pemerintah tentu mengusahakan secara optimal pada pemberdayaan ekonomi kerakyatan sampai dengan pangsa pasarnya, bahkan untuk pelaksanaan lembaga perkreditan Desa ,pemerintah menangani secara optimal, tantangannya tentu ada kebutuhan eksportir dalam melakukan promosi untuk menembus peluang pasar Internasional belum terpenuhi seluruhnya. Keterbatasan kemampuan dunia usaha dalam menganalisis pasar dalam mengoptimalkan produksi yang tersedia pada pengusaha eksportir. Selain hal tsb lemahnya daya saing dengan produk yang sama dari negara lain dalam merebut pasar International. Demikian Sadul, semoga bermanfaat, Terima kasih komentnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  15. Juni 30, 2009 pukul 7:21 pm

    Bu Sekar, dalam bahasan diatas disebutkan bahwa salah satu untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan yang handal adalah dengan mengembangkan kemitraan dengan berbagai sektor, Untuk mweujudkan hal tersebut harus di dukung oleh indikator pencapaian sasaran, tolong Bu minta penjelasan secara rinci indidikator kunci keberhasilannya, Terima kasih postingan yang berkualiatas. Sekali lagi terima kasih jawabannya ya Bu ?

  16. Juni 30, 2009 pukul 8:09 pm

    Selamat malam Hartono, Indikator kunci keberhasilannya adalah dengan memanfaatkan SDM yang berjiwa wira usaha untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan yang handal dengan mengembangkan usaha-usaha mikro kecil dan menengah serta memanfaatkan sarana dan prasarana dengan menggunakan modal usaha yang tersedia serta membentuk lembaga penjamin kredit UMKM untuk meningkatkan daya saing pasar . Demikian Hartono, semoga bermanfaat.

    Regards, agnes sekar

  17. Juli 1, 2009 pukul 7:49 am

    Pemberdayaan masyarakat disektor apapun harus dibarengi upaya untuk menciptakan kepercayaan masyarakat terhadap setiap program.Contoh :KUD.Badan yang dibentuk oleh Pak Harto ini bagus tetapi kadang yang menangani yang kurang profesional dan kadang melanggar kepercayaan sehingga rakyat menjadi ogah-ogahan terhadap badan ini.

    Makin mantap blog panjenengan mbak.Salam dari Surabaya.

  18. Juli 1, 2009 pukul 7:55 am

    Salam kenal Bu Sekar,

    Alangkah idealnya jika pemerintah memiliki pengawas yang independen untuk mengawasi perilaku lembaga penjamin kredit dan regulasi yang berpihak kepada koperasi dan UMKM/ekonomi kerakyatan.

  19. Juli 1, 2009 pukul 8:06 am

    Selamat pagi Gustianoor, setuju pendapat anda, para pembuat keputusan dalam pemerintahan, sektor swasta dan masyarakat bertanggung jawab kepada publik dan lembaga-lembaga ” Stakeholders “. Akuntabilitas ini berkaitan dengan pengawasan. Sangat tepat apa yang pernah dikemukakan filosof hukum tersohor, Emmanuel Kant : ” Sesungguhnya panggung kehidupan dunia ini belum lagi sempurna; pasti ada sebuah panggung kedua. Sebab kita melihat di kehidupan ini, orang yang zalim dan di zalimi, namun diantara mereka tidak memperoleh keadilan, orang yang menang dan yang kalah, namun diantara mereka, tidak memperoleh balasan yang adil. Maka pasti ada alam lain yang akan menyempurnakan keadilan…. yang akan menganjar penegak Hukum yang menghalalkan semua cara… untuk menghukum orang-orang yang tidak bersalah. Demikian Gustianoor, semoga bermanfaat.

    Regards, agnes sekar

  20. Juli 1, 2009 pukul 8:23 am

    Yth, Abdul Cholik, Saking Suroboyo,

    Piye khabare Pak ? Menanamkan kepercayaan kepada masyarakat merupakan hal yang penting untuk mengaplikasikan ekonomi kerakyatan, dan mewujudkan pembangunan manusia yang berkelanjutan dengan paradigma baru/ekonomi kerakyatan. Peran pemerintah dalam mengintegrasikan, dan memotivasi kepercayaan masyarakat, memfasilitasi interaksi sosial, ekonomi dan politik dan memobilisasi berbagai kelompok yang terlibat ekonomi kerakyatan. Para pelaku tidak hanya melakukan chek and balances terhadap kewenangan kekuasaan pemerintah ( government power ) akan tetapi mereka juga memberikan kontribusi dalam memperkuat kedua unsur utama lainnya. Terima kasih komentnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  21. Juli 1, 2009 pukul 12:23 pm

    mudah2an aja program2 itu dapat berjalan lancar ya, bu.. biar masyarakat betul2 merasakan manfaatnya🙂

  22. Juli 1, 2009 pukul 2:26 pm

    Selamat siang Faza, harapan kita bersama agar ekonomi kerakyatan dapat diaplikasikan dengan baik, terima kasih komentnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  23. 23 KangBoed
    Juli 1, 2009 pukul 3:57 pm

    Naaaaah.. SALUTE.. yaaa mbaaaak.. konsepnya buaguuuuus banget.. Mantaaaaabs Surantaaaaabs.. kembali pada pelakunya nanti.. MANUSIANYA.. yang akhirnya menjadi RANCU.. dan timbullah pesimis
    Salam Sayang

  24. Juli 1, 2009 pukul 6:40 pm

    Pokoke kalo masuk blogke bu Sekar harus siap mikir 20 menit baru komeng.😀 Semoga dengan pemberdayaan ekonomi yang tertata dengan baik akan meningkatkan sektor ekonomi GOLEM bu.🙄

  25. Juli 1, 2009 pukul 6:57 pm

    oke deh mba, makasih infonya…^_^…V

  26. Juli 1, 2009 pukul 8:58 pm

    Selamat malam D3pd, terima kasih kembali.

  27. Juli 1, 2009 pukul 9:03 pm

    Yth, Wandi thok, penataan ekonomi kerakyatan tidak lepas dari Good governance menjadi perantara kepentingan yang berbeda untuk memperoleh pilihan-pilihan terbaik bagi kepentingan yang lebih luas dalam hal kebijakan-kebijakan dan prosedur. Terima kasih atensinya, Sukses untuk anda.

  28. Juli 1, 2009 pukul 9:08 pm

    Yth, Kang Boed,

    Kumaha damang ? atuh kedah mantap suratap wios raos dibacana, kumaha henteu tebar pesona deui ? Masih menebar cinta ? Sudah ada yang terpesona ? Haturnuhun kersa linggih di blog abdi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


MY THOUGHT ABOUT THIS WORLD

Penulis

In here, I write my thought about this world, from any idea that speak about my job to my activities with my families and friends, which I like to share for you.
OK, Thanks for your attention and I hope it will be useful for us, especially for you.
GBU

Statistik Blog

  • 469,689 hits
Juni 2009
S S R K J S M
« Mei   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

RSS Tentang Perempuan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Sekilas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: