26
Nov
08

PERAN DAERAH DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA LN (2)


Otonomi daerah tidak berarti memutuskan hubungan antara pusat dengan pihak daerah tetapi koordinasi tetap dan perlu ditingkatkan maka keberadaan NGO di daerah harus selalu dapat dimonitor oleh Pemda.

a. Program
Program-program yang ditawarkan oleh NGO sebaiknya dipilih sesuai dengan program yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Dalam menentukan program yang agar tepat sasaran perlu adanya koordinasi antara pusat dan daerah atau sebaliknya, dengan tetap mempertimbangkan dampak positif maupun negatif terhadap stabilitas keamanan setempat tentunya secara teknis lebih memahami program-program yang dibutuhkan oleh masyarakatnya. Di samping itu daerah juga harus banyak berkoordinasi dengan pusat untuk menyampaikan kebutuhan pembangunan daerah sehingga tidak terjadi tumpang tindih. Berkaitan dengan dampak terhadap stabilitas keamanan daerah tentunya menjadi porsi pengamanan
secara langsung maka Pemda bersama pihak aparat keamanan harus selalu diadakan koordinasi diantara pihak-pihak yang terkait.

b. Orang asing
Kehadiran dan lalu lintas orang asing di Indonesia khususnya berkaitan dengan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan keselamatan orang asing itu sendiri akan menjadi perhatian khusus. Dalam hal pemberian ijin terhadap orang-orang asing yang akan melaksanakan program di daerah perlu dilengkapi rekomendasi dari Gubernur dan Kapolda setempat. Rekomendasi Gubernur diperlukan untuk mengetahui kebutuhan daerah atas program yang ditawarkan oleh NGO. Rekomendasi dari Kapolda diperlukan untuk mengetahui tingkat keamanan di daerah berkaitan dengan orang-orang asing tersebut. Keberadaan orang asing di Indonesia perlu mendapat perhatian khusus baik ditinjau dari sisi keamanan atas aktifitas orang asing tersebut maupun pengamanan terhadap pribadi orang asingnya sebab jika terjadi sesuatu hal terhadap diri orang-orang asing yang berada di wilayah Indonesia akan mempengaruhi hubungan luar negeri pemerintah Indonesia dengan dunia internasional dan akan disebar luaskan ke seluruh dunia sehingga dapat merugikan kepentingan pemerintah RI di dunia internasional.

Mekanisme perijinan masuknya orang asing telah ditentukan sesuai hasil pertemuan antara Departemen/Lembaga/Instansi terkait sebagai berikut :

Mekanisme ini agar dipahami oleh semua pihak, karena itu harus terjalin koordinasi antara Departemen/Lembaga/Instansi di Pusat dengan Daerah, agar pembangunan nasional dapat terlaksana sesuai dengan cita-cita seluruh bangsa Indonesia.

Komitmen yang dilandasi oleh jiwa dan semangat untuk membantu masyarakat akan memberikan nilai tambah terhadap kerjasama pemerintah dengan pihak luar negeri (NGO asing) sebagai mitranya. Oleh karena itu NGO asing dalam melaksanakan kegiatan di Indonesia harus mengikuti aturan dan ketentuan yang telah tertuang dalam MoU (Memorandum of Understanding). NGO asing diharapkan tidak melaksanakan kegiatan yang bernuansa politis. NGO asing dalam berkarya di Indonesia tidak perlu harus memilih daerah konflik karena masih banyak daerah yang membutuhkan bantuan. Di samping itu juga struktur organisasi NGO asing hendaknya lebih banyak menempelkan personel Indonesia dalam rangka transfer pengetahuan / teknologi.

(Penulis adalah Kepala Bagian Bantuan dan Kerjasama Luar Negeri Unit
Penanganan Sosial Setda Provinsi Kalteng
)


0 Responses to “PERAN DAERAH DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA LN (2)”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


MY THOUGHT ABOUT THIS WORLD

Penulis

In here, I write my thought about this world, from any idea that speak about my job to my activities with my families and friends, which I like to share for you.
OK, Thanks for your attention and I hope it will be useful for us, especially for you.
GBU

Statistik Blog

  • 469,689 hits
November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

RSS Tentang Perempuan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Sekilas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: