17
Nov
08

Layanan Informasi Dan Komunikasi


Banyak orang belum menyadari akan pentingnya peranan sistem informasi terutama untuk mendukung kegiatan-kegiatan di Instansi Pemerintah, bahwa pelayanan informasi merupakan penunjang pokok dari pusat informasi organisasi yang dimilikinya dan berkepentingan untuk organisasi tersebut, karena peranannya yang begitu penting sebagai penunjang pemanfaatan admnistrasi yang lebih transparan. Pelayanan informasi dan komunikasi dapat berfungsi sebagai sumber ilmu pengetahuan. Untuk itu layanan informasi harus selalu dipelihara sehingga dapat membuat nilai-nilai dari pelayanan informasi tersebut tersedia serta dapat digunakan.

Tidak jarang pekerjaan seringkali terhambat karena informasi yang diperlukan tidak dapat ditemukan sebagai akibat sistem informasi yang belum terstruktur, namun perlu disadari bahwa dimasa era globalisasi ini secara transparan dapat dirasakan kepentingan pelayanan informasi dan komunikasi, kerana ternyata bahwa pelayanan informasi merupakan sumber yang dapat dipercaya dan valid. Sebab tanpa adanya layanan informasi, data yang kita terima kurang utuh dan selanjutnya mungkin akan banyak menimbulkan masalah-masalah atau pertanyaan-pertanyaan. untuk itu dalam rangka menunjang maksud diatas dan memudahkan pengguna dalam mengakses data yang terdapat dalam pelayanan infromasi, maka perlu ditetapkan adanya etika berkomunikasi melalui layanan informasi.

Meski layanan informasi diperlukan dalam berbagai keperluan, namun tidak berarti merupakan cara yang paling baik untuk berkomunikasi. Ada sedikitnya 5 faktor yang harus dipertimbangkan oleh si pembuat Layanan Informasi dan komunikasi sebelum menyampaikan pesannya kepada orang yang dituju, yaitu :

  1. Subyek yang akan disampaikan

Sangat perlu untuk mempertimbangkan apakah informasi yang akan dikirim bersifat sensitif, mungkin sebenarnya akan lebih baik apabila disampaikan melalui media lainnya.

  1. Keberadaan penerima layanan

Layanan infromasi biasanya digunakan karena alasan kemudahan dan kenyamanan dalam penulisannya. Namun, ada kalanya layanan informasi bukanlah cara yang terbaik untuk berkomunikasi dengan orang lain, misalnya suatu pesan perlu disampaikan kepada seseorang yang berada di satu gedung kantor yang sama, padahal dengan menemui orang tersebut secara langsung mungkin lebih produktif, khususnya apabila orang tersebut banyak menerima layanan informasi pada hari tertentu.

  1. Kecepatan penyampaian surat

Pesan layanan informasi dapat dikirimkan dengan mudah dan cepat, yang membuat layanan ini menjadi salah satu cara yang baik untuk menyampaikan informasi perlu disampaikan secara cepat dan si penerima surat sedang menunggu kedatangan surat tersebut. Namun apabila informasi darurat perlu disampaikan , alangkah lebih baik apabila dilakukan melalui telepon.

  1. Kecepatan untuk menerima jawaban

Meskipun layanan informasi dapat dikirimkan dengan mudah dan cepat. Namun tidak ada garansi bahwa pesan surat tersebut akan segera dibaca atau ditindaklanjuti segera.

Salah satu keuntungan dari pengguna Layanan Informasi adalah bahwa pesan tersebut dapat direspon oleh penerima surat pada waktu yang tepat. Apabila suatu pesan perlu ditindaklanjuti segera akan memerlukan suatu keputusan, maka Layanan Informasi mungkin bukanlah cara yang paling baik mengkomunikasikan informasi. Berbicara secara langsung dengan orang yang dituju dan mengirimkan layanan informasi untuk konfirmasi adalah solusi yang tepat.


0 Responses to “Layanan Informasi Dan Komunikasi”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


MY THOUGHT ABOUT THIS WORLD

Penulis

In here, I write my thought about this world, from any idea that speak about my job to my activities with my families and friends, which I like to share for you.
OK, Thanks for your attention and I hope it will be useful for us, especially for you.
GBU

Statistik Blog

  • 469,689 hits
November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

RSS Tentang Perempuan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Sekilas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: