28
Okt
08

Pemahaman Gender Belum Optimal


Kesetaraan gender merupakan moment yang selalu menjadi perhatian di masyarakat kita masa kini maksudnya adalah agar perempuan mempunyai peran tawar dan posisi setara dalam kedudukan di masyarakat. Menghangatnya diskusi sekitar perempuan paling tidak disebabkan karena

  1. Masih rendahnya kualitas hidup dan peran perempuan di berbagai bidang pembangunan, seperti bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan politik;
  2. Tingginya tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak baik di rumah keluarga maupun ranah publik;
  3. Rendahnya kesejahteraan dan perlindungan anak di berbagai bidang pembangunan, seperti bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi serta hukum;
  4. Adanya kesenjangan antara laki-laki dan perempuan dalam memperoleh hasil-hasil pembangunan;

Melekatnya sistem patriakat dan patrialisme dalam masyarakat secara tidak langsung membunuh ruang publik (public spare) bagi kaum perempuan.

Saat ini perempuan mendapat perhatian yang cukup besar dari berbagai kalangan termasuk dari kaum pria.

Upaya kesetaraan antara laki-laki dan perempuan adalah niscaya sebagai langkah pemberdayaan atas perempuan yang sudah lama tersubboordinasi oleh sistem sosial, politik pandangan superioritas atas laki-laki dan inferioritas atas perempuan harus dieliminasi perempuan dan laki-laki adalah setara. Kaum hawa seharusnya mendapat tempat yang sejajar dengan laki-laki, baik dalam dunia publik maupun domestik. Adanya kesadaran kesamaan (equality) hak antara laki-laki dan perempuan patut dipelihara secara baik.

Pemberdayaan perempuan merupakan kunci terwujudnya pembangunan yang adil sejahtera dan damai. Perempuan merupakan aset dan bukan beban yang apabila diberdayakan maka sebagian permasalahan bangsa akan dapat terselesaikan.

Isu gender adalah suatu kondisi yang menunjukkan kesenjangan antara perempuan dan laki-laki. Kesenjangan dapat dilihat dari faktor akses, partisipasi, manfaat, dan pengambilan keputusan (kontrol). Ketidakseimbangan berdasarkan gender (gender inequality) mengacu kepada ketidakseimbangan akses sumber-sumber yang langka dimasyarakat.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk menghapus ketimpangan gender di samping upaya-upaya pergerakan perempuan yang menuntut persamaan-persamaan hak juga telah diatur dalam berbagai konvensi dan perundangan-undangan. Pada tahun 1976, Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mengeluarkan deklarasi mengenai penghapusan diskriminasi terhadap perempuan. selanjutnya karena konvensi tersebut tidak bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 maka sejak tahun 1984 telah dibentuk Undang-undang Republik Indonesia Nomor 07 Tahun 1984 meratifikasi konvensi mengenai penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan.

Namun demikian upaya tersebut tidak akan berhasil dengan baik jika tidak di ikuti oleh perubahan dalam konstruksi sosial dan dekonstruksi sosial pada tahap awal akan berdampak pada perubahan persepsi masyarakat baik laki-laki maupun perempuan terhadap hubungan gender tersebut. Pada tahap selanjutnya, hal tersebut sekaligus juga akan dapat memperbaiki ketimpangan gender yang terjadi. Pemberdayaan perempuan membutuhkan adanya penanganan yang sistematis dan perlu adanya pemahaman akan realitas perempuan secara umum.

Sedangkan gender merupakan salah satu dari 4 program yang di arusutamakan dalam pembangunan, namun hasil Pengarusutamaan Gender di kementerian/lembaga, Provinsi, Kabupaten/Kota mengindikasikan bahwa pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Instansi Pemerintah Pusat dan daerah masih belum berjalan layak dan optimal. Keberhasilan pembangunan pemberdayaan perempuan tidak terlepas dari peran dan dukungan seluruh pemangku kepentingan pemerintah daerah.


0 Responses to “Pemahaman Gender Belum Optimal”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


MY THOUGHT ABOUT THIS WORLD

Penulis

In here, I write my thought about this world, from any idea that speak about my job to my activities with my families and friends, which I like to share for you.
OK, Thanks for your attention and I hope it will be useful for us, especially for you.
GBU

Statistik Blog

  • 469,689 hits
Oktober 2008
S S R K J S M
    Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

RSS Tentang Perempuan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Sekilas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: