28
Okt
08

Mencari Informasi Di Internet


Internet memungkinkan kita untuk mencari data-data yang diperlukan untuk membuat materi proposal, atau membuat materi presentasi. Hal ini tergantung dari kemauan kita untuk menggali informasi di internet. Untuk mencari informasi ini diperlukan adanya mesin pencari (search engine) yang handal, yaitu cepat dan tepat. Mesin pencari adalah website yang telah dibuat oleh perusahaan/perorangan yang bertugas utnuk meng-index dan memilah-milah tiap halaman yang ada dalam internet internasional. Hampir semua materi telah tersedia di internet. Namun demikian itu tergantung dari parameter dan kriteria yang kita berikan pada mesin pencari dan tentu saja keberuntungan.

Terdapat banyak sekali mesin pencari yang ditawarkan, namun ada beberapa yang terbaik dan ditawarkan oleh para ahli karena ketepatan dan kecepatannya, misalnya google, yahoo dan msn.

Google merupakan salah satu mesin pencari terbaik saat ini yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan eksplorasi pencarian di internet. Opsi pencarian google berada pada kata kunci sederhana. Silahkan akses halaman google berikut dengan meng-klik link ini.

Untuk mencari informasi, masukkan kata kunci yang akan dicari, misalkan informasi tentang Kalimantan Tengah dengan memasukkan kata kunci “Kalimantan Tengah” (tanpa tanda kutip), lalu klik tombol [Telusuri dengan Google].

Google kemudian akan mencari website dari internet, melakukan indexing dan memberikan laporan dari hasil pencariannya. Klik salah satu link yang dihasilkan tersebut, maka Anda bisa membaca informasi yang tersedia pada website yang Anda pilih.

Namun demikian, adalah tidak mungkin untuk browsing keseluruhan link hanya karena informasi yang disajikan kurang memenuhi persayaratan yang diminta. Jadi untuk mempersempit ruang lingkup, harus diberikan parameter yang lebih spesifik, misalnya kata kuncinya dipersempit menjadi “Pemekaran Kabupatan di Kalimantan Tengah” apabila yang dicari adalah nama-nama kabupaten di Kalimantan Tengah setelah pemekaran.

Adakalanya, hasil yang dicari tidak sesuai dengan yang diharapkan. Setelah memasukkan kata kunci tapi google menampilkan hasil yang jauh dari perkiraan. Karena itu diperlukan trik-trik tersendiri.

  1. Google akan melakukan pencarian semua kata kunci yang Anda masukkan. Misalkan dari kata kunci yang tadi, kita masukkan “pemekaran+kabupaten+Kalimantan+tengah”.

  2. Gunakan tanda – (minus)
    Google akan mengecualikan hasil kata kunci setelah tanda – (minus) ini. Misalkan “pemekaran+kabupaten+kalimantan+tengah-selatan”
    Bila kita perhatikan pada kata kunci tersebut, coba perhatikan tanda minus untuk setelah kata kunci setelah selatan yang akan membuat proses pencarian tidak akan memasukkan ke hasil pencarian untuk hasil yang mengandung kata kunci “selatan“.

    Gunakan tanda + (plus)

  3. Tanda Petik dua
    Google akan melakukan pencarian untuk kata yang Anda ketikkan saja.


0 Responses to “Mencari Informasi Di Internet”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


MY THOUGHT ABOUT THIS WORLD

Penulis

In here, I write my thought about this world, from any idea that speak about my job to my activities with my families and friends, which I like to share for you.
OK, Thanks for your attention and I hope it will be useful for us, especially for you.
GBU

Statistik Blog

  • 469,689 hits
Oktober 2008
S S R K J S M
    Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

RSS Tentang Perempuan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Sekilas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: