28
Okt
08

Ketidakmampuan Pimpinan Memimpin Suatu Organisasi


Strategi kepemimpinan sangat diperlukan untuk kelancaran kegiatan suatu organisasi. Terlebih jika organisasi tersebut membawahi suatu pekerjaan yang memerlukan suatu strategi tertentu dalam pelaksanaannya. Pada kebanyakan pimpinan telah menjadi gagal ketika mereka mulai melancarkan kepemimpinan yang tanpa mengindahkan ketentuan yang berlaku, bukti-bukti menunjukkan bahwa pada umumnya mereka telah mengetahui jauh sebelumnya bahwa Unit kerjanya sedang dalam kesulitan. Tetapi kenyataannya ini diabaikan saja, meskipun para pemimpin secara perorangan sadar akan hal tersebut. Mereka secara keseluruhan tidak melihat adanya ancaman yang timbul, tidak memahami implikasinya atau dating dengan alternatif pemecahan.

Kemungkinan dengan hukum survival of the fittest Pimpinan-yang gagal ini, baik untuk masyarakat, meskipun kegagalan tersebut sangat menyakitkan  anggotanya. Pada hal sebenarnya hanyalah suatu redistribusi tugas dan pekerjaan pada tatanan yang berlaku..Tetapi dengan demikian  organisasi yang besar dan baik mutunya hanyalah suatu symbol dari permasalahan yang berat. Bagaimana hal nya dengan organisasi yang sukses tetapi hasil karyanya belum memadai ?
Organisasitersebut tetap beraktivitas tetapi tidak potensial/ maksimal kegiatannya

Tidak dapat disangkal bahwa kebanyakkan Organisasi dalam management organisasinya.merupakan pembelajar yang jelek atau tidak mampu menghasilkan karya yang nyata meskipun didalamnya ada orang 2 yang cemerlang pemikirannya.

Untuk para Penanggung Jawab Organisasi  untuk memperbaiki mulailah dengan mengindentifikasikan ketidak mampuan menghasilkan karya yang nyata berikut ini :

  1. Saya adalah posisi saya ( I am my position )
    Pimpinan Organisasi  seperti ini yang mereka ketahui dan banggakan adalah posisi mereka sendiri. Yang dikerjakannya hanyalah apa yan g benar-benar menjadi tugasnya tanpa perduli pada tujuan organisasi secara keseluruhan. Apa yang mereka kerjakan bukan merupakan sebagai anggota  yang berusaha bersama untuk mencapai tujuan.
  2. Musuh di luar sana ( The enemy is out there )
    Ada kecenderungan untuk mencari kesalahan pada lingkungan atau diri orang lain.
  3. Ilusi pengambilan keputusan ( The illusion of taking charge )
    Penanggung Jawa Organisasi biasanya tergesa- gesa mengambil keputusan biar dikira proaktif, tetapi sebetulnya hanya reaktif saja, karena tanpa memperhatikan dampak bagi yang terkena dari keputusan tersebut.
  4. Terpakuatas peristiwa-peristiwa ( The fixation on Events)
    Pemecahan masalah yang hanya berfokus pada suatu kejadian, yang dengan mudahdapat dijelaskan, dan kemudian memecahkan masalah tersebut dengan serta merta, tanpa memperhatikan dampaknya dalam jangka panjang.
  5. Ceritera Perumpamaan kodok rebus ( the parable of the Boilled Frog )
    Ketua yang tidak peka terhadap perubahan- perubahan yang terjadi secara bertahap yang menyebabkan timbulnya masalah, yang kemudian menjadi ancaman yang besar, dan akan membelenggu kemampuan Organisasi  untuk bisa memperkirakan terjadinya tancaman terhadap organisasi selanjutnya.

Kemampuan memanage suatu organisasi bukan hanya dari   teori saja tapi  perlu proses dengan terjun langsung ke lapangan  dan mengamati strategi dalam memanage organisasi agar anggota yang dipimpinnya tidak bingung dan tertekan akhirnya. Tidak ada lagi karya yang nyata dari organisasi tersebut yang dapat membawa kemajuan bagi organisasinya.

Regards, Agnes Sekar. Supenni.


0 Responses to “Ketidakmampuan Pimpinan Memimpin Suatu Organisasi”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


MY THOUGHT ABOUT THIS WORLD

Penulis

In here, I write my thought about this world, from any idea that speak about my job to my activities with my families and friends, which I like to share for you.
OK, Thanks for your attention and I hope it will be useful for us, especially for you.
GBU

Statistik Blog

  • 469,689 hits
Oktober 2008
S S R K J S M
    Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

RSS Tentang Perempuan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Sekilas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: