08
Des
08

TEHNIK BERPIDATO


Pidato adalah penyampaian gagasan, pikiran atau informasi serta tujuan dari pembicara kepada orang lain(audience) dengan cara lisan. Pidato juga bisa diartikan sebagai the art of persuasion, yaitu sebagai seni membujuk/mempengaruhi. Berpidato ada hubungannya dengan retorika(rhetorica), yaitu seni menggunakan bahasa dengan efektif. Berpidato bukanlah suatu pekerjaan yang sederhana karena dalam berpidato menyangkut beberapa unsur penting seperti: pembicara, pendengar, tujuan dan isi pidato, persiapan, terknik dan etika dalam berpidato.

I. Tujuan Pidato

Diantara tujuan dari pidato, yaitu: (a)informatif, bertujuan memberikan laporan/ pengetahuan atau sesuatu yang menarik untuk pendengar; (b)persuasif and instruktif, berisi tentang usaha untuk mendorong, meyakinkan dan mengajak audience untuk melakukan sesuatu hal; (c)edukatif, berupaya menekankan pada aspek-aspek pendidikan, misalnya tentang pentingnya hidup sehat, ber KB, hidup rukun antar umat bergama dan lain-lain; (d)entertain, bertujuan memberikan penyegaran kepada audience yang sifatnya lebih santai.


II.Teknik Berpidato

Ada empat teknik berpidato yang umum, yaitu:(a)Metode Naskah, yaitu pidato yang digunakan untuk pidato resmi dan dibacakan secara langsung. Cara demikian dilakukan agar tidak terjadi kekeliruan, karena setiap kata yang diucapkan dalam situasi resmi, akan disebarluaskan dan dijadikan figur oleh masyarakat dan dikutuip oleh media massa; (b)Metode Menghafal, yaitu naskah yang telah dipersiapkan sebelumnya bukan untuk dibaca, melainkan untuk dihafal; (c) Metode Spontanitas, yaitu metode pidato yang tidak dilakukan persiapan/pembuatan naskah tertulis terlebih dahulu. Biasanya dilakukan hanya oleh orang-orang yang akan tampil secara mendadak; (d) Metode Penjabaran Kerangka. Teknik berpidato dengan menjabarkan materi pidato yang terpola secara lengkap adalah teknik yang sangat dianjurkan dalam berpidato. Maksud dari terpola yaitu materi yang akan disampaikan harus disiapkan garis-grais besar isinya dengan menuliskan hal-hal yang dianggap paling penting untuk disampaikan.

III. Materi Pidato

Biasanya materi pidato, baik yang menggunakan naskah maupun tanpa naskah memiliki empat bagian, yaitu (a)Pendahuluan, yang berfungsi untuk mengantar ke arah pokok persoalan yang akan dibahas dan sebagai upaya menyiapkan mental audience. Pada bagian ini yang terpenting kita berusaha membangkitkan dan mengarahkan perhatian audience pada pokok permasalahan yang akan dibicarakan; (b)Isi. Pada bagian ini pokok pembahasan ditampilkan dengan terlebih dahulu mengemukakan latar belakang permasalahannya. Pokok pembicaraan dikemukakan sedemikian rupa sehingga tampak jelas kaitannya dengan kepentingan para audience. (c) Pembahasan. Bagian ini merupakan kesatuan, yang berisi alasan-alasan yang mendukung hal-hal yang dikemukakan pada bagian isi. Pada bagian isi ini biasanya berisi berbagai hal tentang penjelasan, alasan-alasan, bukti-bukti yang mendukung, ilustrasi, angka-angka dan perbandingan, kontras-kontras, bagan-bagan, model, dan humor yang relevan;(d)Kesimpulan. Ini adalah bagian akhir dari sebuah pidato, yang merupakan kesimpulan dari keseluruhan uraian sebelumnya.

IV.Persiapan Sebelum Berpidato.

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum berpidato antara lain: (a)Menentukan Tujuan Pidato; (b) Memilih Pokok Persoalan; (c)Mengetahui dan Menganalisa audience dan suasananya; (d)Mengumpulkan materi pidato; (e)Menyusun Kerangka Materi Pidato;(f)Melakukan Latihan Pidato; (g)Menghilangkan Perasaan “Demam” Panggung yaitu dengan cara: memfokuskan pikiran pada diri sendiri, percaya diri(PD), menganggap audience tidak tahu tentang apa yang kita bicarakan, memperdalam materi dengan baik, mempersiapkan konsep pidato beberapa hari sebelumnya, membaca berulang-ulang materi pidato, mempersiapkan diri beberapa jam sebelum tampil dan jangan tergesa-gesa, serta istirahat yang cukup. Terakhir sudah tentu adalah dengan berdoa.

V. Saat Berpidato

(1)Pembukaan. Pembukaan pidato merupakan bagian penting dan meainkan peranan bagi pembicara, karena bagian ini dapat memeberikan kesan pertama bagi para audience.. Ada beberapa cara yang dapat digunakan seorang pembicara untuk membuka pidatonya: (a)dengan memperkenalkan diri; atau (b) Membuka pidato dengan humor; atau (d) membuka pidato dengan pendahuluan secara umum.

(2)Inti Pidato. Setelah selesai melakukan pembukaan dengan salah satu cara di atas, maka langsung dilanjutkan dengan menyajikan pokok permasalahannya.

(3) Penutup Pidato bisa dilakukan dengan: (a)Membuat rangkuman atau simpulan; atau(b)menyatakan kembali prinsip-prinsip yang terkandung dalam pidato; atau (c)menceritakan cerita singkat yang menarik; atau (d)mengutip kata-kata mutiara, ungkapan, atau beberapa bait pantun; atau (e)mengajak atau menghimbau dan mengemukakan sebuah pujian buat para pendengar

VI.Etika Dalam Berpidato

1 Etika berpidato di depan umum meliputi:(a)Mengenakan pakaian yang sesuai dengan suasana pertemuan, rapi, bersih dan sopan; (b)Tampil dengan bersahaja, sopan dan rendah hati; (c)Menyisipkan beberapa humor segar dalam pidato; (d)Gunakan kata-kata yang sopan, halus, dan sederhana;(e)Sebagai kata penutup jangan lupa mengucapkan maaf bila terdapat tutur kata yang kurang berkenan dan lain-lain.

2. Etika berpidato di depan pejabat: (a)Menghilangkan rasa rendah diri; (b)Jangan tampil seolah-olah menggurui, sikap lebih tahu dan lain-lain; (c)Jangan terlalu memberikan penghormatan yang berlebihan pada audience.

3. Berpidato di depan Pemuka Agama:(a)Jangan mengeluarkan kata-kata yang bisa menyinggung umat beragama; (b)Jangan ada nada merendahkan atau memuji agama tertentu;(c) Perbanyak istilah-istilah keagamaan

4. Etika Berpidato di depan para wanita. Bila pembicara seorang laki-laki, hati-hati jangan sampai menyinggung harkat dan martabat wanita; menggunakan istilah-istilah yang tepat seperti ibu-ibu atau saudari sekalian; hindari kata-kata kasar, kurang senonoh dan kurang sopan;

5. Etika Berpidato di depan Pemuda/Mahasiswa. Pidato harus mengutamakan penalaran yang berikaitan dengan dunia anak-anak muda; Jangan mengeluarkan kata-kata yang bersifat menentang; Jangan mengkritik dan menyalahkan anak-anak muda

6. Etika Berpidato di depan masyarakat Desa. Jangan berbohong; Gunakan kata-kata yang sopan dan sederhana, kapan perlu sisipkan beberapa istilah dalam bahasa stempat.

VII.Beberapa hal penting berkaitan dengan berpidato. Yang perlu mendapat perhatian adalah:(a)Posisi Berbicara. Seorang pembicara harus sedapat mungkin dilihat oleh semua audience. Kalau boleh tidak duduk, usahakan untuk berdiri, agar semua audience dapat menatap wajah dan penampilan pembicara; (b)Mengatur Suara Dalam Berpidato. Usahakan mengeluarkan suara dengan jelas, tegas, dan nyaring dan sesuaikan dengan ruang pertemuan, apakah ruang kecil atau ruang aula yang luas dan besar; (c)Volume, Intonasi dan Pelafalan. Pada saat berpidato, usaha mengatur: volume suara, intonasi, dan pelafalan; (d)Sisipkan humor yang sopan, segar dan relevan; (e)Gerak Tubuh, seperti tangan, telapak tangan, jari, kepala, raut muka, dan lain-lain juga mendukung daya tarik dalam berpidato, namun jangan terlalu berlebihan, dan harus sesuai dengan apa yang sedang dibacarakan; (f)Penggunaan mikropon. Bila ada mikropon, gunakanlah dengan sebaik-baiknya, dan jangan menempel di mulut, namun agak jauh dari mulut pada saat berbicara agar suaranya bagus; dan (g)Bila ada slide( berupa OHP dan LCD), alat peraga, papan tulis, sangat efektif untuk menunjang kegiatan saat berpidato.

VIII. Penutup

Pada saat kita membaca sebuah buku atau mendengar ceramah tentang teknik berpidato, tampaknya sangat sederhana. Akan tetapi pada saat kita ingin mempraktekkannya, kita akan menemui berbagai kendala. Diantaranya kurang menguasai materi, kurang menguasai massa, tidak terbiasa berdiri di depan orang banyak, bagaimana mengatur sistematika pembicaraan, mengatur suara, dan lain-lain. Semua syarat ini akan membuat suasana menjadi rumit. Yang paling penting kita belajar dari sausana yang sederhana dan kecil. Setiap ada orang berpidato, baik sebagai pemakalah maupun menyampaikan kata sambutan, sebaiknya kita perhatikan dan mencoba menilai kelebihan dan kelemahannya. Kelebihannya kita ambil sebagai contoh, sedangkan kelemahannya kita abaikan.

About these ads

97 Responses to “TEHNIK BERPIDATO”


  1. Januari 8, 2009 pukul 4:49 pm

    wah jadi ga grogi lagi kalau harus pidato dihadapan kaum hawa..terima kasih bu buat bahan pelajaran saya…

    • Agustus 27, 2010 pukul 10:25 am

      Okay terima kasih kembali.

      • Agustus 26, 2014 pukul 8:28 pm

        saya ingin berpidato di depan siswa dan siswi smp negri 2 pagaden saat pembacaan yasin , tapi saya gerogi gimana yah cara ngilangin geroginya ?

  2. Januari 28, 2009 pukul 6:00 pm

    trim’s banget ya mbak, walau saya pernah denger teknik2 dalam berpidato tapi apa yg mbak ulas ini ternyata bisa nambahin apa yang sudah saya ktahui… matur nuwun!

  3. Januari 28, 2009 pukul 8:54 pm

    Sami-sami mas deni

  4. 6 ririkudamonde
    Februari 4, 2009 pukul 10:00 pm

    Tulisan yg bagus sekali bu agness,…setidaknya dengan membaca tulisan ibu ini, membuat saya lebih tau bagaimana teknik berpidato/bicara di depan umum,……karena sampai sekarang ini saya masih belepotan kalo bicara di depan umum,..ya mungkin karena saya kurang PD kali ya…dan ketika saat mulai berpidato pasti deg-degan..nah dari situ materi yg akan saya sampaikan menjadi berantakan gak tentu arah,..kesana-kemari..!
    bu agness…teknik untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan menghilangkan rasa deg-degan ketika bicara didepan umum itu bagaiman bu…?????
    Mohon masukanya…!!!!
    Semoga sukses selalu buat bu agness….!!!

  5. Februari 5, 2009 pukul 5:10 am

    Rasa percaya diri akan timbul jika kita menguasai materi pidato, tehnik pidato seperti yang diuraikan diatas : intonansi harus jelas, lafal suara, dan volume suara disesuaikan dengan tempat acara, retohrika dan untuk mengatasi degdegan sebelum maju pertama berdoa dulu kemudian tarik nafas dan hembusakan perlahan-lahan , dengan menghembuskan perlahan -lahan degdegan semakin berkurang dan tenang. Demikian riri, semoga bermanfaat.Terima kasih komentnya. Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  6. 8 Toto Ichwanto
    Maret 15, 2009 pukul 4:20 pm

    Wahhh mba tulisan bagus…
    Cuman masalahnya say itu selalu demam panggung… ngga pede…
    Ada kiat ngga?

  7. Maret 15, 2009 pukul 5:21 pm

    Kiatnya, kuasai materi dengan benar, tenangkan hati, berdoa tentunya, dan tampil prima, tatap semua audiens , tampil semenawan mungkin, elegant, coba dech, pasti bisa, Okay Toto terima kasih komentnya, selamat mencoba…..

    Regards, agnes sekar

  8. Mei 5, 2009 pukul 3:06 pm

    Kiat hebat… berpidato pasti suatu pengalaman yang bikin deg-degan untuk pertama kalinya… saya belum pernah tuh.. membayangkannya saja jadi takut

  9. Mei 5, 2009 pukul 6:53 pm

    Selamat malam Lataminoka, jika belum mencoba memang demikian, tapi setelah dicoba pasti bisa, selamat mencoba ya, Terima kasih komentnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  10. Juni 17, 2009 pukul 8:02 am

    -Setiap jenis tehnik pidato tentu ada keuntungan dan kelemahan.Misalnya pidato dengan menghafal agak riskan dilakukan oleh oleh orang yang daya ingatnya lemah dan mudah grogi.begitu melihat ada orang yang dianggapnya”wah”,bisa hilang tuh hafalannya.

    -Kapan sesorang mempersiapkan pidato yang bersifat dadakan, ialah saat namanya dipanggil sampai dia berdiri didepan mike.Saya sering mengalami hal ini sehingga lama2 juga biasa.

    -Maju terus dengan artikel2 yang mantap dan berkualitas mbak.
    -salam dari Surabaya

  11. Juni 17, 2009 pukul 4:33 pm

    Selamat sore Pak Abdul, Saya sependapat dengan apa yang dikatakan dan semuanya itu perlu membiasaan diri untuk berlatih , membiasakan dengan kemampuan verbal untuk menyampaikan gagasan sehingga memberikan kesan kepada para pendengar, Terima kasih masukannya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  12. Juni 18, 2009 pukul 6:54 am

    tterima kasih untuk tulisan pidatonya, tugas kuliah saya jadi terbantu….kasih komentar di blog saya ya…dari kemarin buat blog kok belum bagus kaya milik mbak/.;..

  13. Juni 18, 2009 pukul 7:56 pm

    Selamat malam Iwan, Okay saya langsung ke TKP, Trins atensinya.

    Regards, agnes sekar

  14. Juni 19, 2009 pukul 4:06 pm

    Selamat sore Iwan, apa nggak salah saya melihat ya ? di blog nya di bolak-balik, koq membingungkan, Dimana tempat saya memberi komentar ? Atau ada cara yang canggih yang tersembunyi ?

  15. 17 arren
    Juni 21, 2009 pukul 7:15 pm

    selamat malam ibu kalau boleh!minta satu contoh pidatonya!

  16. Juni 21, 2009 pukul 8:46 pm

    Selamat malam Arren, Semua konsep Pidato yang saya buat ada semua pada file tetapi karena yang saya buat selalu tentang hal- hal yang terjadi di Pemprov. Kalteng, sehingga dengan sangat menyesal tidak dapat saya tayangkan dalam Web ini, karena menyangkut kode Etik Jurnalistik suatu instansi pemerintah. Terima kasih atensinya. Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  17. 19 paijo
    Juni 28, 2009 pukul 12:29 pm

    aku mau beterima kasih pada ibu, dan kiali ini aku mau bertanya apa ya perbedaan karya tulis ilmiah dengan karya tulis fiksi itu bu ya ? atas jawabannya saya ucapkan terimakasih ?

  18. Juni 28, 2009 pukul 1:28 pm

    Selamat siang Paijo karya tulis ilmiah tentu berbeda dengan karya tulis fiksi, karya tulis ilmiah disertai data yang akurat, melalui penelitian, melalui kajian dan benar-benar nyata yang terjadi pada masyarakat, dan biasanya digunakan untuk suatu kegunaan yang ilmiah juga, misalnya melihat sejauh mana turunnya tingkat kemiskinan di Kalteng untuk membuahkan karyanya tentu harus meneliti dahulu sejauh mana keluarga-keluarga miskin yang sedang diberdayakan, bantuan pemerintah Daerah yang membantu fakir miskin,dan tentunya didukung oleh data dan fakta dilapangan, sedangkan karya tulis fiksi ya… khayalan, bebas, tidak perlu didukung oleh data dan fakta yang akurat, tidak perlu penelitian, yang penting khyayalannya seruuu dan ceritranya nyambung… demikian Paijo, terima kasih komentnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  19. 21 indri
    Agustus 6, 2009 pukul 8:19 pm

    Kalau sebelum berpidato ada persiapan terlebih dahulu mungkin rasa grogi bisa sedikit diredam apalagi kita betul-2 menguasai materi pidato tersebut. Masalahnya, kalau disuruh berpidato secara mendadak…aduuuh saya bener-2 grogi, jadi ngomongnya agak belepotan. Bagaimana untuk mengatasi masalah ini? Kalau melihat orang lain sepertinya disuruh pidato dadakan tuh enjoy-2 aja, dan tetap enak didengar…saya pengen deh seperti orang-2 tersebut?

    • Agustus 6, 2009 pukul 8:41 pm

      Selamat malam Indrie, semuanya bisa karena biasa, memang pada awalnya wajar kalau grogi, tetapi dengan melatih diri dan sering tampil grogi itu lama-lama hilang, saya pegang prinsip ini ” Jangan terlalu merisaukan apa yang akan kita ucapkan, pada saatnya ALLAH akan menuntun kata demi kata menjadi rangkaian kata yang indah, maka dari itu harus conneck dulu dengan ALLAH ( berdoa dalam hati singkat, dan ketika muncul power baru kita akan rasakan dahsyatnya tuntunan Tuhan akan kata-kata yang kita ucapkan. Terima kasih sharingnya Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar

  20. 23 helmi indra gunawan
    Oktober 3, 2009 pukul 2:15 pm

    ibu agnessekar.
    trims buat materi pidato yang ibu tulis,CZ ini sngat membantu saya wt nyari tugas dr guru.

    • Oktober 3, 2009 pukul 9:07 pm

      Selamat malam Helmi, Okay..Terima kasih responnya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar

  21. Oktober 4, 2009 pukul 1:54 pm

    Assalamu’alaikum,

    Mohon izin artikel penting ini saya copy ya.
    Hatur nuhun Bu.

    Salam dari Cianjur

    • Oktober 4, 2009 pukul 2:48 pm

      Waalaikum’salam, Mangga sok atuh Akang Upami bade di copy mangga, Gratiss.

  22. Oktober 4, 2009 pukul 3:13 pm

    Thanks for your help Mom, You helped me a lot of home work, I Love you mom !

    • Oktober 4, 2009 pukul 3:26 pm

      You well come my son, I m glad if i could help your home work, let them be good.

      Regards, agnes sekar

      • 29 almer
        Januari 29, 2011 pukul 10:27 am

        yes.yes.yes.

  23. 30 iwan
    Oktober 9, 2009 pukul 2:18 pm

    resep yang bagus, saya kebetulan baru diangkat jadi penyuluh so masih grogi saat menyampaikan materi, i’ll try ….

    • Oktober 9, 2009 pukul 2:53 pm

      Selamat siang Iwan, Coba trus ya ? sampai kamu mendapatkan yang terbaik, Terima kasih kunjungannya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar

      • 32 helen
        November 13, 2009 pukul 1:14 pm

        terima kasih banyak ya mbak agnes, jadi ilmu tambahan buat saya.., untuk tdk malu berbicara nanti klw mau sidang skripsi q.., thx buanget..

        • Februari 26, 2010 pukul 4:13 pm

          Okay sama-sama GBU

  24. November 13, 2009 pukul 7:00 pm

    Selamat malam Helen, Terima kasih kunjungannya, Semoga studynya lancar, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  25. 35 Chika_KupAng
    November 28, 2009 pukul 5:59 am

    Makash y bu, bwt materi pidatonya! Sangat m’bntu skali t’lbh krn sy jg ditugAskn untk mnyampaikn materi tentang pidato pd kgtn kmi. N’ m’f udah d kutip! Godbless

    • Februari 26, 2010 pukul 4:12 pm

      Okay sama-sama Chika, Terima kasih kunjungannya, Sukses untuk anda,

      Regards, agnes sekar

  26. 37 Pakpahan
    Desember 15, 2009 pukul 12:18 am

    Wah hebat… Mdh2an keahlian ibu bs menular buat saya, krna sy orgnya pemalu dan memang g bs brpidato, jgnkan pidato, brdiri didepan umum aj dah ambrdul pkknya blepotan gt lah… But i will try resepnya, thanks. Gbu.

    • Desember 15, 2009 pukul 9:09 am

      Selamat pagi Pakpahan, Terima kasih kunjungannya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar

  27. 39 isyeu lestari
    Februari 5, 2010 pukul 3:20 pm

    artikelnya d copy, insyAllah bermanfaat.
    makasih!!!!

    • Februari 15, 2010 pukul 8:28 pm

      Okay… boleh-boleh saja, trims sudah berkunjung

  28. Februari 25, 2010 pukul 6:26 am

    nuhun pizan teh….

    • Februari 26, 2010 pukul 4:09 pm

      Sawangsulna Acep

  29. 43 slamet
    Februari 26, 2010 pukul 2:02 pm

    kalau sudah di atas panggung terkadang saya kehilangan sebagian materi yang akan saya bicarakan, terima kasih bu artikelnya..nanti akan saya coba..

    • Februari 26, 2010 pukul 4:11 pm

      Terima kasih kembali, semoga dapat mengaplikasikannya dengan baik, terima kasih kunjungannya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar

  30. Februari 26, 2010 pukul 4:23 pm

    Mbak Sekar kita sama-sama PNS di Pemprov Kalteng, Dan kebetulan saya sering datang Ibadah di Jayang Tingang dan menyaksikan Mbak Pidato langsung memberikan arahan. Jujur Mbak saya terpesona sekali selain kata-kata yang bagus,intelektual, dan kronologis yang tepat juga intonansi yang luar biasa ditambah nilai plussnya uenak di pandang…he..he… tapi belakangan ini koq jarang kelihatan apa Dinas Luar ? atau ada Dinas Khusus ? Terima kasih artikelnya yang sungguh membantu saya karena saya di mutasi di bagian Diklat yang kerjanya berkaitan terus dengan Pidato ini. Trims.

    • Juli 19, 2010 pukul 4:39 pm

      Selamat sore panggabean maaf..maaf benget baru dibalas selama 6 bulan krn saya focus pada site saya agnessekar.com. dan memang baru-baru ini ada kesibukan lain selain pekerjaan pokok yang cukup menyita waktu, Terima kasih kunjungannya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar.com

  31. Maret 23, 2010 pukul 5:49 pm

    selamat sore bu Agnes, tgl 26 maret 2010 yad saya ditunjuk jadi juri pidato oleh ibu ketua PKK kecamatan kreteria atau paanduan penilaiannya apa saja bu ? terima kasih atas jawabannya semoga ibu berkenan menjawabnya sebelumnya dihaturkan terima kasih wassalam.

    • Juli 19, 2010 pukul 4:46 pm

      Maaf Chandrawati baru dibalas sekarang karena focus pada site agnessekar.com, maaf juga baru dijawab walaupun terlambat tetap akan saya jawab : yang pertama adalah penguasaan materi, kemudian kesan pendengar termasuk bagaimana menyampaikan pesan dengan jelas dan dapat dimengerti dengan mudah, tidak demam panggung alias menguasai audience, percaya diri yang kuat dan memiliki power dalam penyampaian, juga mengungkapkan dengan intonansi yang jelas itulah point-point yang harus kita garisbawahi. Terima kasih atensinya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar

  32. 49 Taufiq di Wamena
    Mei 2, 2010 pukul 6:30 pm

    Assalamualaikum.. Wah wah wah… Mksh bnget lho mbak, wawasan sy jd bertambah stlh membaca artikelnya mbak, plus skrng sy jd lebih siap ‘n PD kalau diminta berpidato. Wslm

    • Juli 19, 2010 pukul 4:47 pm

      Selamat sore Taufiq, terima kasih tanggapannya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnessekar.com

  33. Mei 14, 2010 pukul 10:01 pm

    mantabzzz lew,,,,,narai khabar bu….tahidia gitan tu bethany hindai….maja2 ikei bu…

    • Juli 19, 2010 pukul 4:48 pm

      Bahalap Ayya Ajee, terima kasih kunjungannya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar.com

  34. Mei 14, 2010 pukul 10:05 pm

    mantabzzz lew,,,,,narai khabar bu….tahidia gitan tu bethany hindai….maja2 ikei bu…

    • Juli 19, 2010 pukul 4:50 pm

      Okay thanks

  35. 55 yousni
    Juni 16, 2010 pukul 7:52 am

    mAkasih ya Bu, atas materinya, setelah membaca tUlisan iBU…wawasan sy makin brtambaH…. !!!

    • Juli 19, 2010 pukul 4:49 pm

      Selamat sore Yousni, terima kasih tanggapannya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar.com

  36. 57 Yuyun Darti Baetal
    Juni 25, 2010 pukul 9:18 am

    Makasih ya….udah enggak kesulitan lg deh kalo mau tampil.

    • Juli 19, 2010 pukul 4:51 pm

      Selamat sore Yuyun, terima kasih tanggapannya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnessekar.com

  37. 59 RIDWAN SALEH
    Juli 6, 2010 pukul 10:13 am

    tHANKS ATAS INFONYA …

    http://www.ziddu.com/download/10566208/TafsirMimpi.doc.html

    • Juli 19, 2010 pukul 4:52 pm

      Okay you well come

  38. 61 saputra
    Juli 23, 2010 pukul 8:31 pm

    wahhh
    bagus tipsnya i like it !hhe

    • Juli 26, 2010 pukul 10:49 am

      Selamat siang Saputra, terima kasih kunjungannya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar

  39. 63 sofyan nurdin
    Agustus 1, 2010 pukul 6:07 pm

    terima kasih mbak agnes, tips berpidato anda memberikan saya ilmu tambahan tentang berpidato yang baik.

    • Agustus 1, 2010 pukul 8:16 pm

      Selamat malam Sofyan, Terima kasih tanggapannya, Sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar

  40. 65 A.rukmana
    Agustus 26, 2010 pukul 11:49 pm

    Saepisan teh artikeulna, katampi pisan mudah2 berkah kangge abdi. Upami aya artikel terkait naon bae, upami tiasa dikirim ka email abdi. atepeka4@gmail.com haturnuhun

    • Agustus 27, 2010 pukul 10:23 am

      Haturnuhun…kersa linggih di blogna abdi, syukur atuh ari kaanggo mah, Sawangwulna Akang.

      regards, agnes sekar

  41. Desember 17, 2010 pukul 10:20 pm

    Saya cm mo berbagi pengalaman saja, sy memang orangnya pemalu jarang bergaul dilingkungan sndiri, klu ada rapat dikantor aja mau bertanya sesuai g berani, tetapi dilingkungn rumah sy berani menerima tawaran sebagai ketua Pilpres dan ketua peremajaan RT, kita semua tau disitu ada kewajiban menyampaikan sambutan/pidato.

    Adapun yg mendorong sy berani adalah sebagian orang diwilayah sy pendidikannya tidak tinggi, pekerjaannya jg informal ttp mereka berani pidato walau dilingkungan RT atau RW (tdk bermaksud merendahkan), pengalamann sy demam panggung itu biasanya 5 menit pertama selanjutnya akan kurang dan hilang dgn sendirinya (Berani berpidato adalah sebuah nilai plus buat kita).

    Tips pokoke maju terusss…

    • Desember 21, 2010 pukul 8:03 pm

      Selamat malam Mas JImbo, maaf baru balas karena kesibukan baru dibuka web site, Mas Jimbo bagus sekali pengalamnnya, memang benar dimanapun kita berada kita harus berupaya semaksimal mungkin memberikan keteladanan dengan memberikan pengarahan/ Pidato, betul apa kata anda 5 menit pertama biasanya gugup selanjutnya biasa… tapi kalau sudah biasa, dari awal tetap tenang apalagi sudah menguasai materi dan tentunya sudah berdoa, ya anggap aja yang didepan kita itu orang yang biasa-biasa supaya kita tidak grogi iya khan ? Terima kasih sharing yang bagus, sukses untuk anda.

      Regards, agnes sekar

  42. 69 grachia
    Januari 18, 2011 pukul 9:51 pm

    mbak agnes, terima kasih atas infonya mengenai teknik berpidato ini ,
    karena saya masih kelas 3 SMP dan untuk ujian praktik bahasa indonesia , kami disuruh membawakan sebuah pidato dgn teknik-teknik yang tepat .
    kebtulan saya orangnya tidak terbiasa untuk berpidato .

    Terima kasih mbak agnes . :)

    • April 12, 2011 pukul 4:14 pm

      Hallo Grachia, wah bagus sekali kelas 3 SMP sudah mulai berpidato agar nantinya bisa ahli retorika yang handal, maju trus, belajar trus, sampai cita-citamu tercapai, trims ya Grachia..,

      Regards,

      Agnes Sekar

  43. Februari 21, 2011 pukul 8:41 pm

    mantap…saya suka artikel ini makasih atas ilmunya…

    • April 12, 2011 pukul 4:16 pm

      You well come, …..

  44. April 4, 2011 pukul 4:47 pm

    hai,isra sahabat ku apa kabar aku sangat rindu skali sama kamu kapan lagi kita bisa berjumpa isra salam,rindu sahabatmu novita safitri

    • April 12, 2011 pukul 4:09 pm

      Mbak Agnes yang bisa baik, cantik lan pinter, terima kasih masukan yang sangat berarti luar biasa Kalimantan terjun ke dunia maya, artikelnya membantu saya dalam penyuluhan-penyuluhan yang harus saya sampaikan, karena saya istri orang kedua di kota ini, salam kenal ya mbak Agnes trims….

    • April 12, 2011 pukul 4:19 pm

      I also miss you, how to plan ahead? already have a new activity? thank you for your visit.

      Regards,

      Agnes sekar

    • April 12, 2011 pukul 4:21 pm

      I also miss you, how to plan ahead? already have a new activity? thank you for your visit.

      Regards,

      Agnes sekar
      Balas

  45. 77 dimas
    Juni 20, 2011 pukul 10:59 am

    ka kenapa kalo pidato kaki saya gerak /getar sendiri?

  46. Desember 6, 2011 pukul 8:02 pm

    aaaaaaaaaaaaaaaalllllllllllllllllhhhhhhaaaaaaammmmmmmmmmdddddddddddddduuuuuuulllllllllllllliiiiiiiiiiiiiiiiiilllllllaaaaah

  47. Januari 3, 2012 pukul 7:39 pm

    terimakasih banget pedoman tersebut, sangat membantu sekali bagi gue.

    • Maret 3, 2012 pukul 3:42 pm

      Itu tandanya grogi….. kuasai dulu hati, dan tenanglah………… tarik nafas…… rasakan beberapa menit pasti bisa tenang… Selamat mencoba ! trims

  48. Februari 20, 2012 pukul 2:25 pm

    ehhhhhhhmmmmmm thanks bangett sumpah dehh ini tuh ngebantu banget buat gue lomba sabttu nanti

    • Maret 3, 2012 pukul 3:40 pm

      Okay Ning semoga bermanfaat……

  49. 83 siswanto
    Maret 14, 2012 pukul 5:50 pm

    terimaksih… artikelnya sangat bermanfaat, sya mendapat amanah untuk jadi pengampu mubaligiin di ponpes. teknik yang disampaikan sangat membantu. jangan lupa juga untuk kunjungi blog filsafat saya ya…

  50. 84 siswanto
    Maret 14, 2012 pukul 5:54 pm

    terimaksih…. artikelnya sangat membantu. sya kebetulan dapat amanah untuk jadi pengampu mubaliggin di ponpes putri, tentu artikel ini sangat berguna untuk disampaikan. kl bs jangan lupa pula kunjungi blog filsafat saya ya….

  51. 85 JOIESSS
    April 9, 2012 pukul 8:38 pm

    mbak apa Bu ya pantasnya saya nyebut masalahnya tip ini sangat sangatlah membantu semua orang yang kepengen berpidato apalagi saya yang sering di mintai tolong tetangga untuk jadi pengacara baik di acara pernikahan atopun pengajian tapi resepyang sebenarnya untuk berpidato to belum tau ,saya cuma modal nya nekat elama lama ya biasa cuman permasalahannya BU.TIAP MAU MULAI PIDATO KOK DEG DEGAN GEMANA YA BU/

  52. 86 Halim
    Agustus 17, 2012 pukul 11:29 am

    maaf mau tanya bu?gimana caranya agar yg berpidato itu kelihatan memiliki wibawa?sb saya sering berpidato tp kelihatanny seperti tidak ada wibawanya.

  53. September 15, 2012 pukul 11:02 pm

    biar kita percaya diri untuk berpidato yang baik dan benar itu susah juga yahh kebiasaan terjadi demam saat acara akan di mulai dan lupa meteri apa yang akan di sampaikan mohon tips dong bu ? biar tidak terjadi hal seperti itu terima kasih:)

  54. 88 galang
    November 11, 2012 pukul 7:23 am

    coba buatin satu pidato yang istimewa tentang narkoba

  55. November 17, 2012 pukul 7:53 pm

    klo boleh tau sumber artikel nya dri mana ?? truz coba donk ceritain asal dari mana teknik berpidato ity

  56. 90 jeffri sano ginting
    November 25, 2012 pukul 10:33 pm

    thanks ya bu agnes… atas artikelnya yg sudah siap membantu saya tuk berpidato. GBu

  57. 91 anto
    November 29, 2012 pukul 1:55 am

    assalmu alaikum !! sya slalu punya masalh kalau berpidato didpan orang banyak, grogi sya susah skali sya hilangkan shingga sangat mempengaruhi konsentrasi sya dalam menyampaikan pidato sya, dlam keadaan seperti itu kosakata saya langsung hilang smua ibaratnya kayak orang baru belajar bicara saja. dan sya juga skarng lagi menjabat sebagai ketua umum di salah satu lembaga kemahasiswaan, sebelumnya juga menjabat di organisasi lainnya, tapi sya orangnya lemah kalau berbicara di dpan umum, makanya kalau diminta untuk kasih smbutan dalam kegiatan sya selalu lari atau di suruh pimpin rapat sya selalu datang terlambat supaya digantikan dengan sekretaris sya, dan dari situ sya sering ditertawai sma teman2 sya karna selalu sengaja menghindar kalau di suruh pidato, tapi kalau sya yang konsepkan orang untuk pidato bisa dibilang jagoan juga tapi kalau untk diri sendiri sya ngga brani!!!u jadi tolong bu Agnes kasi sya tips untuk menghilangkn ketakutn sya masalah grogi seperti itu….. thanks sebelumnya bu Agnes.

  58. Mei 9, 2013 pukul 5:41 pm

    Do you have a spam issue on this website; I also am a blogger,
    and I was wondering your situation; we have developed some nice practices and we are looking to swap strategies with others, please shoot
    me an e-mail if interested. raspberry ketones
    – raspberry ketone scam – raspberry ketone side effects

  59. Mei 11, 2013 pukul 5:17 am

    always i used to read smaller articles that as well
    clear their motive, and that is also happening with this
    article which I am reading here.

  60. 94 ria
    November 9, 2013 pukul 11:23 am

    bu terima kasih untuk pembahasannya tapi saya masih bingung untuk mengajarkan anak-anak sekolah dasar tentang cara berpidato yang baik dan benar di depan umum.

  61. April 19, 2014 pukul 9:13 am

    Pas butuh banget, eee dapetin artikelnya mbak agnes. Makasih banget mbak agnes & mohon ijin copy artikelnya.

  62. 96 Johna919
    Mei 18, 2014 pukul 5:25 am

    omg! cant picture how quick time pass, after August, ber months time already and Setempber may be the 1st Christmas season in my location, I genuinely really like it! fkeebdcgkeef

  63. September 11, 2014 pukul 5:54 pm

    Gimana ya yang disuruh guru saya?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


MY THOUGHT ABOUT THIS WORLD

Penulis

In here, I write my thought about this world, from any idea that speak about my job to my activities with my families and friends, which I like to share for you.
OK, Thanks for your attention and I hope it will be useful for us, especially for you.
GBU

Statistik Blog

  • 313,328 hits
Desember 2008
S S R K J S M
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

RSS Tentang Perempuan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Sekilas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.198 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: